close
Elvis Charlse Lahallo
  • Headline News

    Wednesday, January 9, 2019

    Polda Malut Petakan Daerah Rawan Konflik Pileg dan Pilpres 2019

    Baca Juga



    Ternate, Kompastimur.com 
    Meski hajatan politik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara (Malut) telah usai, namun, demi mengamankan Pileg dan pilpres di tahun 2019 Polda Malut saat ini sudah mendeteksi Daerah Rawan Konflik.

    Pemetaan Kepolisian Daerah (Polda) Malut ini meliputi Kabupaten/Kota yang dinyatakan rawan konflik.

    Dimana pemetaan yang di lakukan itu terkait pola pengamanan atau PAM Kepolisian untuk Tempat Pengutan Suara (TPS) menyusul adanya perubahan Daftar Pemilihan Tetap (DPT) disetiap TPS menjelang Pemilihan Legislatif (Pileg) serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada 17 April mendatang.

    “Perubahan DPT setiap TPS yang sebelumnya DPT terdata sebanyak 500 orang, namum dirubah menjadi Per TPS sebanyak 300 orang sehingga pola pengamanan juga nantinya ikut berubah. Oleh Karena itu, dalam pemetaan PAM pengamanan terkait dengan kerawanan di sejumlah daerah Kabupetan dan Kota maka dalam menghadapi Pileg dan Pilpers saat ini telah dicanangkan Polda Malut,”kata juru bicara Polda Malut, AKBP Hendry Badar, Selasa (8/1/2019).

    Kata Hendri, daerah yang dianggap rawan di antaranya, Kabupetan Pulau Taliabu, Kabupaten Kepulauan Sula, Kabupaten Halmahera Timur (Haltim),dan Kabupaten Pulau Morotai serta Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel). Maka, Pola PAM TPS akan dibagi menjadi beberapa bagian yaitu, sangat rawan, sedang, dan kurang rawan.

    “Untuk kategori sangat rawan nantinya akan dikawal  oleh 2 Personil Polri,10 Linmas, dan untuk TPS 5 orang personil,”terangnya.

    Tambah  Hendri, untuk TPS kurang rawan menurutnya itu tidak ada potensi konfilik dan TPS juga mudah di tempuh Personil pengamanan.

    Sedangkan TPS sangat rawan merupakan potensi terjadinya konflik dan banyak jumlah penduduk serta kategori geografisnya sulit ditempuh.

    “Pemetaan karawanan dan pola pengamanan itu dari Mabes Polri dan telah ditindaklanjuti oleh seluruh Polda dan Polres Jajaran. Ini sebagai bentuk antisipasi menghadapi tahun politik,Pileg dan Pipres,”pungkas Hendri. (KT/MS)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Polda Malut Petakan Daerah Rawan Konflik Pileg dan Pilpres 2019 Rating: 5 Reviewed By: A L
    Scroll to Top