• Headline News


    Thursday, January 17, 2019

    Dusun 1 Waektambaru Jadi Langganan Banjir Selama 20 Tahun



    SBT, Kompastimur.com 
    Warga Dusun 1, Desa Waeketambaru Kecamatan Bula Barat, Kabuapten Seram Bagian Timur (SBT) diresahkan dengan banjir saat turun hujan. Hal ini terus terjadi akibat tidak adanya saluran primer dan ini sudah menjadi langganan selama 20 tahun.

    Kondisi ini menyebabkan sekitar 68 rumah di wilayah tersebut terendam banjir.

    Putu Nurata (38) Salah satu Warga Dusun 1 kepada media ini di Waeketam mengeluhkan,  kondisi banjir tersebut sudah berlangsung selama 20 tahun lamanya, namun belum ada langkah-langkah kongkrit untuk mengatasi banjir langganan ini, bahkan dampak buruk dari banjir ini mengakibatkan warga sekitar tidak bisa mengkonsumsi air bersih.

    "Banjir disini bukan hal baru bagi kita,  karena saat musim hujan,  warga disini sudah jadi langganan banjir, ini sudah 20 tahun, alhasilnya  warga sulit untuk mengkomsumsi air bersih," katanya.

    Hal serupa juga dikeluhkan Gusty Ketut Tastra, (43) warga setempat yang juga korban banjir kiriman ini menjelaskan,  selama 20 tahun warga Dusun Satu  Desa Administratif ini bukan saja langganan banjir,  kondisi tersebut turut mempengaruhi sumber air bersih bagi warga setempat,  bahkan puluhan hektar tanaman warga rusak akibat terendam banjir.  


    "Dampak banjir ini memang sangat parah,  karena bukan saja rumah yang banjir,  tanaman warga disini semua rusak akibat terandam air," terangnya.

    Mereka berharap baik pemerintah desa Waeketambaru maupun Pemkab SBT dapat melihat masalah yang di alami warga dusun 1 tersebut.

    “Kami minta ada perhatian pemerintah desa juga pemkab, karena ini tidak bisa dipungkiri akan berpengaruh baik itu aktifitas di dusun maupun sampai pada kondisi kesehatan warga disini,” ujarnya. (KT/FS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dusun 1 Waektambaru Jadi Langganan Banjir Selama 20 Tahun Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top