• Headline News


    Wednesday, January 16, 2019

    Disbudpar Target PAD Dari Wamsoba Eco - Resort Naik Tajam



    Namrole, Kompastimur.com 
    Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Wamsoba Eco – Resort Tahun 2019 ini naik tajam ketimbang tahun 2018 lalu.

    “Kalau Tahun 2018 lalu capaian PAD dari Wamsoba Eco – Resort hampir mencapai Rp. 26 juta, naik dari Tahun 2017 yang hanya mencapai Rp. 20-an. Jadi, kita targetkan Tahun 2019 ini bisa mencapai Rp. 75 juta,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kabupaten Bursel, Amelia Solissa kepada awak media di Kantor Bupati, Selasa (15/01).

    Kata Solissa, naiknya target PAD dari salah satu obyek wisata unggulan daerah di Kabupaten Bursel itu lantaran sejak 01 Januari 2019 lalu telah dibuka lagi 1 pintu lainnya dan staf dari Disbudpar telah ditugaskan tiap harinya dalam 3 shift, yakni pagi, siang dan malam.

    Terkait dengan target tersebut, Solissa mengaku bahwa baru 2 minggu berjalan di awal Tahun ini, PAD yang telah dicapai sudah hampir Rp. 3 juta.

    “Capaian PAD awal Tahun ini cukup menggembirakan karena baru 2 minggu tapi PAD-nya hampir Rp. 3 juta,” terangnya.

    Sementara itu, ditengah upaya pihaknya untuk mencapai PAD yang kian besar itu, ada kendala tersendiri yang sementara dicarikan solusinya.

    “Kita akan upayakan capai target itu yang penting kita difasilitasilah, kita akan berkoordinasi dengan Pak Bupati untuk minta difasilitasi 1 unit mobil untuk antar jemput anak-anak (Staf-red). Mobil apa saja, mobil dinas yang tidak pakai-pakai bisa dikasih ke kita,” ucapnya.

    Sebab, lanjutnya, selama ini para stafnya terkendala transportasi untuk ke Wamsoba Eco – Resort lantaran setiap orang harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 40.000 tiap harinya untuk ke lokasi guna menjaga pintu masuk dan menarik retribusi dari setiap pengunjung.

    “Kendalanya sampai saat ini ialah transportasi untuk anak-anak, sementara gaji mereka hanya Rp. 750.000. Jadi, kami berharap nanti ada 1 unit mobil yang kami dapatkan untuk menjawab kendala ini,” ucapnya.

    Untuk diketahui, Wamsoba Eco – Resort merupakan salah satu obyek wisata unggulan daerah di Kabupaten Buru Selatan. Lokasi obyek wisata ini diberikan nama sesuai nama perkampungan yang tidak jauh dari lokasi wisata yang juga diberikan nama Dusun Wamsoba, lokasi wisata yang memberikan kenyamanan dan keindahan alam diyakini sungguh akan memberikan kepuasan tersendiri bagi pengungjung yang ingin menghabiskan waktu liburnya di Wamsoba Eco-Resort.

    Untuk menuju lokasi wisata Wamsoba Eco-Resort mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah sepanjang jalan lokasi wisata wamsoba. Lokasi Obyek Wisata Wamsoba Eco-Resort menawarkan pantai dengan pasir putih panjang bercampur kerikil kecil yang mempercantik hamparan pantai.

    Lokasi wisata ini masih benar – benar alami, sehingga pengunjung dapat menikmati alam yang terbuka luas sambil menikmati pemandangan alam yang berhadapan dengan Pulau Oki. Obyek Wisata Wamsoba menjadi salah satu alternatif pilihan tempat berlibur bagi masyarakat Kota Namrole dan sekitarnya.

    Berbagai fasilitas penunjang yang dapat dimanfaatkan oleh para pengungjung di dalam kawasan obyek wiata Wamsoba pun terbuat dari batu – batu alam yang benar – benar alami mulai dari Gazebo, toilet, jalan dan setapak semuanya mengambarkan kondisi alam di Kabupaten Bursel. (KT/01)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Disbudpar Target PAD Dari Wamsoba Eco - Resort Naik Tajam Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top