• Headline News


    Friday, December 14, 2018

    Wabup Launcing GERMAS SBB


    Piru, Kompastimur.com
    Wakil Bupati Seram Bagian Barat (SBB) Provinsi Maluku Timotius Akerina, secara resmi membuka Launcing Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten SBB.

    Kegiatan yang berlangsung dihalaman gedung Hatutelu Desa Piru Kecamatan Seram Barat Kabupaten SBB Provinsi Maluku, ini berlangsung, Jumat (14/12/2018)

    Turut hadir OPD Lingkup Pemkab SBB, Ketua PKK Kabupaten SBB. Ibu Hj. Sarifa Payapo, Dandramil 1502-07/Piru Kapten Inf. A. Laturake, Danki 2B Brimob Piru, Iptu Supriadi, Peserta yang hadir kurang lebih 250 orang.

    Wakil Bupati SBB Timotius Akerina dalam sambutannya mengatakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) adalah suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

    Menurut Akerina, ada pun tujuan dari kegiatan ini untuk mendukung program Prioritas Presiden Republik Indonesia guna melaksanakan dan mensukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang diperkuat dengan Instruksi Presiden No. 1 Tahun 2017. 

    "Diharapkan semua Organisasi Perangkat Daerah, Organisasi Masyarakat (Ormas) dan semua elemen masyarakat melaksanakan instrusi Presiden tersebut," ujarnya.

    Dikatakan, dalam kurun waktu empat tahun terakhir ini, terjadi pergesaran pola penyakit, dimana penyakit tidak menular memiliki proporsi utama (57 % dari total kasus) 

    " Hal ini terjadi akibat perubahan pola hidup masyarakat, yang tidak sehat, kurang aktifitas fisik dan kebiasaan makan yang tidak baik, lingkungan yang tidak sehat, merupakan penyebab penderita penyakit tidak menular semakain bertambah," ungkap Akerina.


    Lebih lanjut Akerina menambahkan, penting dalam upaya pencapaian derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya dalam konteks pembangunan Kabupaten SBB karena Sesuai dengan Visi Kabupaten SBB yakni “Terwujudnya Masyarakat Kabupaten SBB yang Sejahtera, Berbudi Pekerti Luhur dan Berbudaya Berbasis Potensi Ekonomi Lokal ”.

    " Mewujudkan masyarakat yang berdaya saing diperlukan pembangunan sumberdaya manusia, yang ditandai dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Salah satu unsur penting peningkatan IPM adalah derajat kesehatan," pungkasnya Akerina.

    Pantauan media ini, sebelum Wabup SBB membuka launcing GERMAS, diawali dengan dilakukannya jalan santai yang diikuti peserta yang terdiri atas OPD lingkup Pemkab SBB, para kepala dan pegawai Puskesmas yang ada se-Kabupaten SBB, serta Para Siswa - siswi SMA Negeri 1 Seram Barat dengan stars dan finis didepan gedung Gatutelu Desa Piru. (KT/MFS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wabup Launcing GERMAS SBB Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top