• Headline News

    Selasa, 04 Desember 2018

    Perayaan Hari Bhakti PU ke 73 di hadiri Gubernur Malut



    Sofifi – Maluku Utara, Kompastimur.com
    Gubernur Provinsi Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba menghadiri Acara Perayaan  menperingati Hari Bakti Pekerjaan Umum Ke 73 Tahun 2018. Kegiatan tersebut di  laksanakan di Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Maluku Utara, Jalan Raya 40, Kelurahan Sofifi pada Senin, 3 Desember 2018.

    Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Maluku Utara ini di diawali dengan pelaksaan upacara bendera yang dipimpin oleh  gebernur sendiri.

    Gubernur saat membacakan sambutan Mentri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa, pada tanggal 3 Desember 1945 lalu sampai pada hari ini telah masuk pada tahun ke 73 Tahun, dimana pada tahun tersebut telah menjadi suatu peristiwa sejarah.

    Sebab, ada sebanyak 21 orang pegawai di tugaskan pada waktu itu untuk menjaga gedung Sate yang bertempat di Bandung, dimana gedung tersebut merupakan gedung PUPR saat itu, akan tetapi pada saat itu juga mereka yang di tugaskan saat itu menghadapi pasukan serangan Sekutu/Belanda, namun dalam peristiwa  tersebut, 7 orang pegawai PUPR yang gugur yakni, Didi Hardianto Kamarga, Muchtaruddin, Soehodo, Rio Soesilo, Soebengat, Ranu, dan Soerjono yang selanjutnya kini kita kenal sebagai Pahlawan Santa Taruna,” Ucap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang dibaca Gubernur Maluku Utara.

    Menurutnya, kekompakan dan semangat juang yang sangat luar biasa dari Santa taruna mereka selalu menjadi inspirasi setiap bagi insan PUPR ketika dalam menjalankan tugas dimana saja khususnya pada saat ini.

    Dimana dalam pembangunan infrastruktur yang telah menjadi prioritas dalam rangka mengejar ketertinggalan dari bangsa-bangsa lain, sehingga dengan tema yang di angkat pada hari ini yakni,  "Hari Bakti PU Tahun 2018" PU- PR bangun Infrakstruktur  umum untuk mempersatukan bangsa dapat terwujud.

    Dalam pidatonya, Ia mengajak kita semua untuk terus bekerja sama untuk menjaga kekompakan dalam menyelesaikan pembangunan infrastruktur yang merata hingga sampai ujung wilayah Pelosok Indonesia. Hal ini, sebagaimana bentuk kehadiran pemerintah dalam upaya mempersatukan bangsa.    


    Berdasarkan data yang di dapatkan media ini, Basuki Hadimuljono dalam isi pidato yang ditulisnya bahwa saat ini kita tengah menghadapi masa akhir Tahun ke empat kabinet dibawah pemerintahan Presiden Jokowi Dodo dan Wakil Presiden Yusuf Kalla, berbagai pencapaian Kementrian PU-PR sudah bany sudah bany sudah banyak dirasakan masyarakat Indonesia.
    “ Banyak yang telah di laksanakan dan sudah dapat dirasakan secara langsung manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat dan telah banyak mendapat apresiasi dari masyarakat,"ucapnya.

    Namun, hal ini belum dapat menjadikan kita untuk cepat merasa puas. Akan tetapi kita akan berhati hati dalam bertanggungjawab atas setiap kebijakan dan langkah yang kita kerjakan. Dengan begitu, ini dapat menjadi terobosan baru dan lompatan serius untuk terus dilakukan agar terus mampu ketika bersaing dengan Negara yang lain.

    “Untuk itu, ide ide kreatif dan inovatif  harus  dapat membendung pasukan dalam setiap gerak dan langkah kita dalam percepatan pembangunan infrastruktur, dan menurutnya ini hanya dapat dilakukan dengan dukungan, hasil riset dan Teknologi moderen. Sehingga dapat menghasilkan infrastruktur yang lebih berkualitas, lebih cepat dan lebih murah,"Jelasnya.

    "Saat ini infrastruktur yang di bangun tidak lagi hanya sekedar untuk menguji kebutuhan dasar namun harus di tujukan untuk meningkatkan daya saing bangsa ini," tambah Mentri Basuki Hadimuljono melalui tulisan sambutannya.

    Menurutnya, seluruh pelaksanaan harus dilaksanakan  atas prosedur, sehingga semua prosedur dapt terencana dengan baik dan ada pemimpin yang kuat sebagai ilustrasi pemerataan untuk pembangunan. kerena semuanya tidak bisa di lakukan sekaligus, karena akan hanya membangun secara kecil kecilan yang tersebar dan tidak  saling bersinergi sehingga tidak memberikan dampak yang signifikan,Jelasnya.


    "Pada akhir tahun 2018 ini, saya kembali untuk menekankan agar kita semua tetap fokus untuk menyelesaikan pekerjaan yang sudah diprogramkan dan menjaga komitmen untuk mencapai progress sebesar 93% sehingga dapat  sesuai dengan target yang sudah di sampaikan saat rakornas yang dilaksanakan kementrian PU-PR pada bulan November 2018 yang lalu,"harapnya.

    Namun dilaksanakan dengan tetap menjaga keselamatan kualitas, dan keamanan hasil pekerjaan.


    Untuk di tahun 2019 mendatang Kementrian PUPR  diberikan amanat mutasi anggaran sebesar 110,7 Triliun yang merupakan alokasi terbesar dari seluruh Kementrian lembaga lainya, Kementrian PUPR   mendapat amanat tambahan untuk mendukung Misi penguatan Sumber Daya Manusia (SDM), dan juga perekonomian di masyarakat melalui pembangunan sekolah, Perguruan tinggi dan Madrasah serta pasar untuk regional.

    untuk itu, amanah ini menuntut kita semua untuk terus meningkatkan kompetensi kita dan terus menjaga integritas kita dan selalu beritikad jujur, konsisten, dan tegas dalam menjalankan aturan.

    pada kesempatan tersebut, ia berpesan bahwa sebagai insan PUPR kita harus selalu menananmkan di dalam diri kita  sebagai  sikap bekerja keras dengan cerdas dan ikhlas, bergerak cepat dengan sikap dan cermat serta bertindak tepat dengan hasil yang bermanfaat.

    Karena itu, "kita adalah Kementrian PUPR  yang siap bekerja kapan saja dan dimana saja. "Jadi pada intinya, marilah kita bersama-sama meningkatkan kinerja dengan hasil karya yang merupakan buah dari kerja sama dan solidaritas insan PUPR yang bermanfaat bagi bagi masyarakat luas.

    Lanjut, ia juga mengucapkan sangat berterimakasih kepada segenap insan PUPR yang telah bekerja dengan penuh dedikasih selama ini,"Tutupnya.

    Usai melaksanakan upacara, Gubernur Abdul Ghani Kasuba Serahkan 1 Unit Mobil Pengangkut Sampah Dan 1 Unit Armroll Ke Pemkot Tikep Pada Perayaan HUT PUPR Ke 73 yang diselenggarakan Dinas PUPR Provinsi Maluku Utara. (KT/MS)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Perayaan Hari Bhakti PU ke 73 di hadiri Gubernur Malut Rating: 5 Reviewed By: Alan Lahallo
    Scroll to Top