• Headline News


    Friday, September 21, 2018

    Sekda: Tujuan Program Inovasi Adalah Mengembangkan Potensi Desa



    Bula,  Kompastimur.com
    Program inovasi Desa adalah bagian dari upaya untuk memberikan kesempatan Pemerintah Desa untuk berinovasi dan mengembangkan potensi yang ada di Desa masing-masing.

    Demikian dijelaskan Sekertaris Daerah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Syarif Makmur saat membuka kegiatan Sosialisasi Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD).

    Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (Rakor-Tik) Kabupaten SBT Provinsi Maluku tahun 2018 itu diikuti oleh puluhan peserta dan berlangsung di Aula Kementrian Agama Kabupaten SBT, Kamis (20/09/2018).

    Dalam sambutannya, Sekda katakan, Program Inovasi Desa hadir sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa, dengan memberikan rujukan inovasi pembangunan desa. Serta merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia serta infrastruktur Desa.

    Dikatakanya, terkait dengan kapasitas Desa-desa saat ini seharusnya menjadi hal utama dalam melakukan pemberdayaan pembangunan yang merata dan juga melaksanakan tingkat inovasi Desa yang merupakan kebijakan utama yang terus diprioritaskan.

    Menurutnya, Program Inovasi Desa merupakan satu upaya Pemerintah untuk mewujudkan agenda Nawa Cita dalam RPJMN 2015-2019 dengan maksud untuk meningkatkan kapasitas Desa sesuai dengan UU No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

    “Secara umum, Program Inovasi Desa bertujuan mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi pedesaan, serta membangun kapasitas desa yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat dan kemandirian Desa,” ujar Sekda dalam sambutannya.

    Lanjutnya, ada 2 komponen utama dalam PID yaitu pertama, pengelolaan pertukaran pengetahuan dan inovasi Desa yaitu kegiatan penyebarluasan praktek pembangunan inovatif dengan tujuan memberikan inspirasi kepada Desa untuk memperbaiki kualitas perencanaan Desa.

    Sementara yang kedua, P2KTD yang bertujuan agar Desa-Desa mendapatkan jasa layanan teknis secara lebih berkualitas dari lembaga profesional dan TPID yang berperan membantu dalam mewujudkan komitmen replikasi inovasi Desa.

    “Keduanya ini merupakan komponen penting PID yang berperan membantu Desa dalam mewujudkan komitmen replikasi inovasi Desa, baik dalam perencanaan maupun dalam pelaksanaan pembangunan di Desa,” ujar Sekda.

    Mengakhiri sambutannya, Sekda berharap, melalui sosialisasi ini dapat memperkenalkan keberadaan P2KTD kepada stakeholder terkait dalam mendukung pelaksanaan Program Inovasi Desa khususnya Pengembangan Ekonomi Lokal dan kewirausahaan, Pengembangan SDM serta Pembangunan Infrastruktur Desa di Kabupaten SBT.

    “Semoga dengan adanya program ini Desa-Desa yang ada di Kabupaten SBT semakin inovatif, sehingga ada kemajuan dalam peningkatan kualitas perencanaan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa,” harap Sekda.


    Sementara Ketua Panitia, Ahmad Rumasilan melaporkan bahwa, peserta kegiatan tersebut terdiri dari OPD terkait, Tim Inovasi Kegiatan (TIK), Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID), Pendamping Desa serta Tenaga Ahli Pendamping Masyarakat (TAPM).

    “Diharapkan dari kegiatan ini, Desa bisa merancang kegiatan yang lebih inovatif dan dapat direalisasikan,” kata Abdullah.

    Ia juga menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan tahun ini semua Desa dapat melaksanakan PID.

    “Dengan banyaknya inovasi yang lahir, diharapkan kedepannya pertumbuhan ekonomi dipedesaan dari tahun ketahun semakin menggeliat,” harap Abdullah mengakhiri laporannya.

    Kegiatan tersebut menghadirkan Pemateri dari Konsultan Pendamping Wilayah Regional 5 Provinsi Maluku Erfin Amirudin.

    Dalam paparan materinya Erfin Amirudin menyampaikan, target dari kegiatan tersebut terdokunentasi dan terdesiminasi 300 kegiatan inovasi desa dalam bidang Kewirausahaan.

    Dijelaskanya, kegiatan tersebut hadir dalam menjawab implementasi dan komitmen inovasi desa, salah satu bursa yang menjadi target 2018 seperti yang sudah dilakukan yakni di Kabupaten Maluku Tengah.

    Turut hadir dalam rapat koordinasi antara lain Sekretaris Daerah Kabupaten SBT, Perwakilan OPD terkait, Perwakilan para camat, organisasi masyarakat, pelaku usaha, dan tokoh masyarakat. Selain itu, elemen masyarakat yang termasuk dalam susunan kepanitiaan Tim Inovasi Kabupaten SBT turut berpartisipasi, diantaranya adalah tenaga ahli, pendamping desa, pendamping lokal seluruh Desa yang ada di Kabupaten SBT. (KT/Baim) 


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sekda: Tujuan Program Inovasi Adalah Mengembangkan Potensi Desa Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top