• Headline News

    Thursday, September 27, 2018

    Keliobas : Pengelolaan Dana Desa Harus Transparan



    SBT, Kompastimur.com 
    Bupati Seram Bagian Timur (SBT), Abdul Mukti Keliobas secara resmi membuka kegiatan Workshop Hasil Evaluasi Implementasi Siskeudes dalam tata kelola keuangan  di Kabupaten SBT, Rabu (26/9) yang dipusatkan di Gedung serbaguna Dinas Kesehatan SBT (Bula).

    Keliobas dalam sambutan tertulisnya berpesan kepada para Kepala Desa dan aparatur desa agar dapat memahami tugas pokok dan fungsinya masing-masing, dan terus belajar memahami setiap peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam meningkatkan kemampuan perangkat Pemerintahan Desa dan Aparatur Desa.

    Agar senantiasa memberikan pelayanan secara efektif sesuai tuntutan masyarakat, Kepala Desa agar dapat bekerjasama dengan BPN dan memfungsikan setiap perangkat Desa sesuai aturan yang berlaku.

    “Penggunaan Dana Desa harus transparan dan selanjutnya tetap membuat pertanggungjawan keuangan tersebut dan kepada seluruh aparat Pemerintahan Desa, dan kepada peserta workshop supaya aktif mengikuti dan menyimak setiap rangkaian kegiatan," pinta Keliobas.

    Selain itu, semoga dengan pelatihan ini kedepan diharapkan tidak ada lagi laporan bahwa ada kepala desa yang bermasalah karena penggunaan Dana Desa yang tidak transparan dan tidak tertanggungjawab sehingga harus berhubungan dengan proses Hukum.


    “saya berharap agar peserta dapat mengikuti pelatiihan ini dengan baik sehingga dapat mengerti dan memahami serta mempraktekan di desa masing-masing, agar tidak terjadi masalah-masalah yang melanggar hukum terkait penggunaan Dana Desa,” harap Keliobas.

    Ditempat yang sama, Edison Betaubun dari Komisi XI DPRI mengatakan, para kepala desa diharapkan dapat melibatkan seluruh rakyat di desa yang dipimpinnya dalam mebangun desa.

    Karena menurutnya, dengan semakin meningkatnya Dana Desa, semakin baik pula pengelolaannya maka tingkat kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

    "Rakyat harus dilibatkan mulai dari perencanaan hingga pelaporan. Dana semakin naik, pengelolaan semakin baik, maka kesejahteraan semakin meningkat,"kata Betaubun. (KT/FS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Keliobas : Pengelolaan Dana Desa Harus Transparan Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top