• Headline News


    Thursday, September 27, 2018

    Gandeng AMGPM dan GAMKI, GMKI Wisata Keesaan di Dusun Waezoar



    Namrole, Kompastimur.com 
    Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Ambon, khususnya Komisariat Ekonomi Unpatti menggandeng AMGPM Cabang I Talitakumi dan GAMKI Kabupaten Bursel dalam kegiatan Wisata Keesaan yang dipusatkan di Dusun Waezoar, dimana AMGPM Ranting Anugerah berada, Selasa (25/9).

    Kegiatan Wisata Keesaan itu direncanakan akan berlangsung selama 1 minggu, yakni hingga Selasa  (2/10) mendatang.

    Dimana, sejumlah agenda kegiatan akan dilaksanakan selama pelaksanaan Wisata Keesaan tersebut, yakni Diskusi dengan Pemerintah Kabupaten Bursel, Pemasangan Toa Gereja Anugerah Waezoar, dan Waezoar Bermazmur serta pengangkatan papan dan pembersihan lokasi untuk pembangunan Walang Baca pada hari Selasa (25/9).

    Selanjutya pada hari Rabu (26/9) akan dilaksanakan kegiatan pembangunan Walang Baca, Seari Mengajar dan Bimbel. Berikutnya pada hari Kamis (27/9) akan dilaksanakan Pengobatan Massal, Pembangunan Walang, Bimbel dan Waezoar Bermazmur.

    Sedangkan pada hari Jumat (28/9) akan dilaksanakan Pembangunan Walang Baca, Lomba-Lomba, Bimbel dan Lomba Raja-Raja/Gaplek. Selain itu untuk hari Sabtu (29/9) akan dilaksanakan Pemberian Benih Tanaman untuk Kebun AMGPM, Pembangunan Walang Baca, Bimbel, Lomba Raja-Raja/Gaplek.

    Tak hanya itu, pada hari Minggu (30/9) akan dilaksanakan Ibadah Minggu, Lomba untuk anak-anak dan Waezoar Bermazmur. Sedangkan pada hari Senin (1/10) akan dilaksanakan Peresmian Walang Baca dan Waezoar Bermazmur.

    Asisten III Setda Kabupaten Bursel, Rony Lesnussa ketika memberikan sambutan diselah-selah kegiatan itu mengaku sangat bangga atas kepedulian orang-orang muda yang mau turut serta membangun Kabupaten Bursel, terlebih khusus Dusun Waezoar agar lebih mau kedepan.

    “Pemerintah Kabupaten Bursel merasa bangga kepada adik-adik GMKI, AMGPM dan GAMKI, dimana saat ini adik-adik bisa meluangkan waktu untuk berada di tempat ini. Sebab, acara pada saat ini membuka lembaran baru pada daerah ini,” kata Lesnussa.

    Menurut Lesnussa, walaupun kegiatan ini berkatagori kegiiatan kkeagamaan dalam lingkup gereka, tetapi dalam lingkup luasnya GMKI, AMGPPM dan GAMI sudah turut membantu Pemda Bursel dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan di Dusun Waezoar ini.

    “Pemerintah mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh saudara-saudara, bukan dilihat datang untuk orang Waezoar, datang untuk umat Kristen yang ada di Waezoar tapi kegiatan ini sudah membantu Pemda Bursel  dalam meningkatkan kualitas iman, kualitas iptek dan kualitas sumber daya,” cetusnya.

    Sebab, menurutnya, ini sebuah kebanggaan Pemda, sebab ini merupakan tanggung jawab Pemda, baik itu tanggung jawab Dinas Pendidikan Kabupaten Bursel maupun tanggung jawab Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bursel serta stakeholder terkait lainnya.

    Tak hanya itu, Camat Waesama, Ahmad Wael pun turut menyampaikan apresiasi pihaknya terhadap pelaksanaan kegiatan Wisata Keesaan di wilayah pemerintahannya itu.

    “Alhamdulillah kami pemerintah kecamatan sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan adik-adik untuk turut serta melaksanakan program-program di wilayah kecamatan Waesama, terutama di Dusun Waezoar ini,” ucap Wael.

    Iapun mendoakan dan berharap agar rangkaian kegiatan yang dilaksanakan ini akan berjalan sesuai rencana dan memberikan manfaat bagi masyarakat yang ada di dusun tersebut.

    “Mudah-mudahan apa yang dilakukan adik-adik disini diberkati oleh Tuhan Yang Maha Esa dan apa yang dikerjakan disini dapat berlangsung sesuai apa yang direncanakkan,” cetusnya.

    Sementara itu, Ketua GMKI Cabang Ambon Alfred Sony Lodar dalam sambutannya mengaku bahwa Wisata Keesaan yang dilakukan pihaknya bukan sekedar wisata biasa, melainkan ada misi khusus yang diibawa pihaknya untuk membantu masyarakat dimana menjadi lokasi mereka melakukan aktivitas wisata keesaan.

    “Wisata Keesaan ini bukan hanya sekedar wisata, tetapi kami melihat apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dan dengan kemampuan kami, kami mencoba membantu, kami mohon juga kerja semua pihak untuk secara bersama-sama  melihat kebutuhan utama masyakat disini,” ucapnya.

    Iapun turut menyampaikan terima kasih kepada AMGPM, GAMKI dan Pemda Bursel yng turut serta berkontrbusi atas pelaksanaan kegiatan dimaksud.

    Tak hanya itu, Ketua Panitia Wisata Keesaan, Jenderal Luis Rehatta dalam laporannya menjelaskan bahwa salah satu kegiatan utama pihaknya ialah pembuatan Walang Baca bagi masyarakat setempat.
    “Salah satu kegiatan utama kami adalah pembuatan Walang Baca. dimana sesuai hasil assessment kami melihat tingkat sumber daya masyarakat sangat rendah sehingga bagaimana kiita meningkatkan ekonomi, bagaimana kita meningkatkan  kesejahteraan masyarakat kalau bukan dari sumber daya manusianya,” ucapnya.

    Sebab, lanjutnya, salah satu rencana jangka panjang pihaknya edepan adalah pembuatan Walang Baca sehingga kalau dikelola dengan baik oleh masyarakat, oleh AMGPM disini dan juga di dukung oleh pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Arsip daerah, maka dusun ini diharapkan akan menjadi Dusun Baca.

    Sementara itu, Ketua I AMGPM Cabang I Talitakumi, Maxigen L Lesnusa dalam sambutannya sangat memberikan respon positif terhadap teman-teman GMKI yang mellaksanakan programnya dii Dusun Waezoar tersebut.

    “Kami berharap keberadaan saudara-saudara bersama selama satu minggu biarlah kita melakukan kerja nyata supaya ketika saudara-saudara kembali ke Ambon, saudara-saudara meninggalkan cendera mata yang akan selalu dikenang. Ini merupakan satu motivasi tersendiri bagi kami. Kami yakin apa yang kita lakksanakan bersama ini tidak ada yang sia-sia,” kata Lesnussa yang juga Ketua PGRI Kabupaten Bursel.

    Tak hanya Lesnussa, Ketua GAMKI Kabupaten Bursel, Leksi Sigmarlatu pun turut menyampaikan apresiasi positif atas kedepudlian GMKI dalam menjangkau Dusun Waezoar dengan program-programnya yang sangat baik tersebut.

    “Kami secara organisatoris sangat mendukung keberadaan saudara-saudara disini dan kami sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang saudara-saudara laksanakan di Dusuni ini,” tuturnya. (KT/01)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gandeng AMGPM dan GAMKI, GMKI Wisata Keesaan di Dusun Waezoar Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top