• Headline News


    Sunday, September 16, 2018

    Bumdes di SBT Produksi Sendal Berkualitas dan Tren



    SBT, Kompastimur.com 
    Badan usaha milik Desa (Bumdes) merupakan salah satu program yang mestinya dijalankan oleh semua Desa sebagai salah satu solusi untuk menekan angka kemiskinan, karena dengan Bumdes, tercipta lapangan kerja baru ditingkat Desa.

    Untuk Kabupaten Seram Bagian Timur yang terdiri dari 15 Kecamatan, dari 198 Desa ini, baru satu Desa di Kecamatan Bula Barat yang menjalankan Bumdesnya.

    Hal ini diungkapkan oleh Pendamping Desa Pemberdayaan, Rahman Rumaday saat ditemui media ini, Sabtu (15/9) di Bula.


    Rumaday menjelaskan, pembentukan Bumdes di Negeri Administrati Sumber Agung, dengan Nama Bumdes Mitra Karya ini awalnya mendapat tantangan yang sangat luar biasa, karena masyarakat merasa pesimis dengan pendirian Bumdes tersebut, namun dengan semangat membangun desa sehingga pihaknya terus melakukan proses-proses pendampingan dan pembinaan denan baik, sehingga Bumdes tersebut dapat dibentuk berdasarkan Surat Keputusan kepala Desa Nomor: 04 Tahun 2017 tentang pementukan Bumdes (Mitra Karya) yang ditandatangani oleh Kepala Negeri Administratif sumber Agung, Rina Susilawati, direktur Bumdes Husein Solahudin, Siti Nurjana selaku sekretaris, Abdul Hayi bendahara, Abdul Rohman selaku kepala unit peternakan, Hendar Kepala unit usaha ekonomi produksi.

    Kali ini karya dari Bumdes ini telah menghasilkan beragam bentuk sendal yang siap pakai dengan aneka desain yang tak kalah saing dengan Pabrik-pabrik pembuat sendal lainnya di Indonesia.

    "Pembentukan Bumdes ini, kami mendapat tantangan yang luar biasa karena banyak yang pesimis, namun kami tetap melakukan pendampingan dengan baik. Alhamdulillah hasilnya tak kalah saing dengan Pabrik-pabrik besar," kata Rumaday.

    Sendal yang di Produksi oleh Bumdes Mitra Karya di Negeri Administratif Sumber Agung, Kecamatan Bula Barat ini telah mencapai ratusan unit sendal setiap harinya. Dan ini merupakan Bumdes pertama di Kecamatan Bula Barat pada khususnya dan Seram Bagian Timur pada Umumnya yang telah berhasil.

    Bumdes yang digerakkan dengan  Dana Desa Senilai Rp. 200.000.000 ini mendatangkan tenaga ahli dari Jawa untuk melakukan pelatihan terhadap warga Desa, dan honorarium tenaga ahli tersebut bersumber dari Dana Desa.

    Dirinya memastikan, Bumdes Mitra Karya kedepannya akan menjadi satu-satunya distributor sendal di Provinsi Maluku.

    "Ini Bumdes pertama yang berhasil khususnya Bula Barat dan SBT pada Umumnya. Kedepan Bumdes ini akan menjadi distributor sendal di Maluku," kata pendamping Desa Pemberdayaan ini dengan optimis.


    Sementara, Camat Bula Barat, Ridwan Rumonin mengatakan, selaku kepala wilayah kecamatan, pihaknya selalu memberikan pendampingan dan dorongan kepada warga karena tujuan didirikannya Bumdes adalah untuk menciptakan lapangan kerja.

    "Saya selalu memberikan motivasi kepada mereka. Dan kedepan Bumdes ini dipastikan sudah bisa memproduksi sepatu," ucap Rumonin.

    Camat muda dan enerjik ini menambahkan, saat ini Bumdes di Desa-desa dalam wilayah yang dipimpinnya mulai digerakkan dengan tujuan mencapai Desa yang maju dan mandiri.

    Dirinya mencontohkan, saat ini, di Neg.Adm Jembataan basa dan waisamet fokus pada swasembada beras (sektor pertanian) dan punyulingan air bersih, Negeri Banggoi fokus pada budidaya kepiting bakau dan budidaya ikan bandeng, sehingga kedepan Desa-desa ini akan dijadikan sebagai wisata kuliner, sedangakan untuk Neg.Adm Dreamheals fokus pada pengembangan  itik dan ayam (sektor peternakan), semuanya dikelola oleh Bumdes bahkan ada penyertaan modal dari Desa-desa lain alias Bumdes bersama.


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bumdes di SBT Produksi Sendal Berkualitas dan Tren Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top