• Headline News


    Sunday, August 12, 2018

    Tim Inovasi Kabupaten SBT, Gelar Rapat Koordinasi


    SBT, Kompastimur.com 
    Rapat koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Program Inovasi Desa resmi dibuka oleh Kepala Bidang Ketahanan Pangan Masyarakat dan Teknologi Tepat Guna, Ahmat Rumasilan yang mewakil Kepala BPMD SBT pada, Sabtu (11/8) di Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bula).

    Dalam pertemuan tersebut membahas beberapa agenda penting yaitu, sosialisasi program inovasi Desa dan pembahasan tugas dan fungsi pokok atau tupoksi sesuai SK Bupati Seram Bagian Timur, dengan Nomor 225 Tahun 2018 tentang Pembentukan Tim Inovasi Kabupaten dan Sekretariat TIK, serta Tenaga Ahli kabupaten.

    Selain itu, Organisasi Perangakat Daerah (OPD) yang tergabung dalam TIK tersebut dibagi menjadi dua pokja, yakni Pokja Pengelolaan Pengetahuan Inovasi Desa (PPID) dan Pokja Penyedia Pelayanan Teknis di Desa (P2KTD). 

    Tenaga Ahli (TA) Pemberdayaan Ekonomi Desa (PED), Abu Bakar Tuhuteru menjelaskan, Tugas Pokja PPID adalah melakukan Verifikasi terhadap hasil identifikasi kegiatan oleh TPID di tingkat kecamatan dalam bentuk video dan cerita di Desa, yang dijadikan sebagai inspirasi bagi Desa.

    Dari hasil Verifikasi tersebut, pokja PPID akan menampilkan Tujuh (7) kegiatan inspirasi dari tiga (3) bidang, yakni bidang Ekonomi dan Kewirasusahaan, bidang SDM dan bidang Infrastruktur berupa video dan cerita dalam pelakasnaan pameran ide di kabupaten, yang biasa dikenal dengan bursa Inovasi Desa.

    "Dalam bursa rersebut akan di undang 198 Kepala Desa, 198 BPNA dan 198 perwakilan Desa. harapan dari bursa ini adalah Kepala Desa dan Perwakilan lain yang datang dalam pelaksanaan bursa dapat melihat kegiatan inspirasi agar dapat diimplementasikan di desanya sesuai dengam masalah dan potensi desa yang ada, dan di anggarkan di Dana Desa Tahun 2019," ucapnya.

    Lebih lanjut, Tuhuteru menambahkan, tugas dari pokja PPID adalah melakukan seleksi terbuka kepada lembaga-lembaga penyedia jasa layanana teknis di tiga bidang, yakni, bidang Ekonomi dan Kewirausahaan, bidang SDM dan bidang infrastruktur, dengan harapan, lembaga yang lolos seleksi oleh P2KTD dapat memberikan pelayanan-pelayanan teknis terhadap kegiatan yang ada di desa, dimana kegiatan tersebut butuh penguatan kapasitas maka akan dilayani oleh P2KTD tersebut.

    “PPIP bertugas melakukan seleksi terbuka bagi lembaga-lembaga terkait bidang bidang Ekonomi dan Kewirausahaan, bidang SDM dan bidang infrastruktur, dan kami berharaap lembaga-lembaga yang olos dapat memberikan pelayanan terbaik pada kegiatan-kegiatan yang ada di desa,” tambah Tuhuteru.
                       
    OPD terkait yang hadir pada Rapat koordinasi tersebut terdiri dari, Dinas  Kesehatan, Dinas Pendidikan, BPMD, dan Bapeda, serta Tenaga Ahli Kabupaten. (KT-FS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tim Inovasi Kabupaten SBT, Gelar Rapat Koordinasi Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top