• Headline News


    Friday, July 13, 2018

    Pemkab Janji Kembangkan Nilai Budaya Lokal Negeri Adat di SBB



    Piru, Kopastimur.com 
    Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten SBB Provinsi Maluku Hj Ani Hehanussa membuka gelar festival budaya masyarakat dengan tema" Kreativitas Budaya Lokal Sebagai Pembentukan Karakter dan Jati Diri Bangsa Dalam Semangat Saka Messe Nusa" yang diselenggarakan di Gedung Hatutelu Kota Piru,Kecamatan Seram Barat, Kamis (13/7/2018).

    Bupati SBB Moh Yasin Payapo Dalam Sambutannya yang disampaikan Ani Hehanussa mengatakan sebagai Pemerintah Daerah Kabupaten SBB sangat menyambut gembira kegiatan Festival Budaya Masyarakat dan meningkatkan kualitas dalam menanamkan nilai-nilai budaya.

    “ Terpenting dari semua kegiatan ini adalah agar budaya-budaya asli tidak luntur akibat pengaruh budaya asing yang telah masuk ke pelosok desa hingga pelosok dusun yang ada di Kabupaten SBB," ungkap Hehanussa.

    Lanjut Hehanussa, kebudayaan adat istiadat harus terus dilestarikan agar budaya budaya yang dibawah leluhur terus terjaga dan oleh karena itu Pemda terus mendorong dan terus kembangkan nilai nilai budaya tersebut.

    " Pemkab SBB terus berusaha mencari solusi untuk menciptakan nilai-nilai adat yang religius dengan Visi dan Misi Pemda. Pemda juga akan berusaha sekuat tenaga untuk KASE BAE SBB," jelas Hehanussa.

    Dalam Sambutan itu, Bupati menghimbau untuk semua melestarikan dan mejaga nilai-nilai budaya yang telah dilestarikan turun temurun dari datuk-datuk.

    “Negri kita kaya dengan budaya. Untuk itu mari kita semua menjaga dan melestarikan seni budaya kita agar leluhur kita tidak marah" ajak Hehanussa.

    Ditempat yang sama Kepala Balai Sanggar Budaya Provinsi Maluku Rusli Manorek dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan kesenian dan kebudayaan di Kabupaten SBB khususnya untuk negeri-negeri adat karena ini menjadi perhatian pemerintah pusat.

    Manorek pun memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten SBB yang mana telah bersama sama berpartisipasi dalam kegiatan festival budaya masyarakat.

    “Perlu diketahui, Dirjen Kebudayaan pusat akan mengadakan Kongres Kebudayaan yang didalamnya termasuk Kesenian dan Kebudayaan. Olehnya itu tugas pemerintah Kabupaten SBB adalah berusaha untuk menumbuh kembangkan nilai-nilai seni budaya dan diseleksi dari tingkat kabupaten dan provinsi untuk ajang kongres kebudayaan nasional," katanya. (KT-MFS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemkab Janji Kembangkan Nilai Budaya Lokal Negeri Adat di SBB Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top