• Headline News

    Jumat, 13 Juli 2018

    Paliama Harap Lewat Pemberdayaan Koperasi dan UKM Dapat Tingkatkan Ekonomi Masyarakat



    Piru, Kompastimur.com 
    Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Seram Bagian Barat selain memprioritaskan koperasi nelayan, ada pula pemberdayaan koperasi pembangunan pasar tradisional yang ada di Kecamatan Kairatu yang sudah terwujud, ini diharapkan diharapkan dapat mewujudkan cita-cita Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati SBB untuk “KASE BAE SBB”.

    Allan Paliama Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Seram Bagian Barat Kepada Kompas Timur, di Piru Jumaat (13/7/2018) menuturkan, salah satu program pemberdayaan Koperasi dan UKM yang terwujud dan saat ini, dan program lain yang sudah terlaksana pada tahun dalam pemberdayaan koperasi adalah Pembangunan Pasar Tradisional lewat Program Revitalisasi Pasar Rakyat Tahun 2018.

    " Dimana tahun ini dialokasikan di Desa Waimital Kecamatan Kairatu kegiatan ini bernilai Rp 814.000.000 dari dana Tugas Pembantuan Kementerian Koperasi dan UKM sampai tahun ini kita sudah memiliki 3 pasar tradisional yakni di Piru (Desa Morekau), di Waihatu dan tahun ini Waimital. Sedangkan 1 program Pasar Pedagang Kaki Lima sudah dibangun Tahun 2014 di Dermaga Feri Waipirit " ungkap Paliama.

    Ditambahkannya, untuk Program Pemberdayaan UKM disamping ada program-program pelatihan yang didanai dengan dana APBD yakni Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan dan Manajeman Pengelolaan Keuangan bagi Pengelola Koperasi untuk Tahun 2018, dirinya juga mengaku telah mendapat alokasi kegiatan pelatihan bagi UKM dan pengelola koperasi melalui Dana DAK yang dikelola oleh Balai Latihan Koperasi Provinsi Maluku sebanyak 6 kegiatan pelatihan.

    “Komunikasi efektif yang selalu kami bangun dengan Dinas Provinsi sehingga kami di jatahi 6 kali kegiatan pelatihan yang direncanakan dimulai pertengahan Juli ini," jelasnya.

    Lanjut Paliama, dari sisi Program Bantuan Permodalan untuk membantu Usaha Mikro, tahun ini juga telah mendapatkan bantuan sebesar Rp 286.000.000. berubah bantuan hibah bagi Wirausaha Pemula sebanyak 22 orang sesuai proposal yang kami ajukan ke Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM RI.

    “Sumber pembiayaan lain yang sudah kami akses adalah UPT PDB (Pengelola Dana Bergulir) Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Maluku dan tahun ini juga mendapat alokasi 6 usaha kecil sebasar Rp 100.000.000 per orang yang sudah diverifikasi oleh tim dari UPT PDB Dinas Koperasi Provinsi Maluku yang dilakukan tanggal 06 Juli kemarin " Tuturnya.

    Lebih Lanjut Paliama menambahkan, nanti ada lagi tambahan untuk akses dana KUR sudah ada 23 UKM yang mengakses ke BRI dengan nilai kredit KUR sebesar Rp 332,000,000.

    Ini dilakukan melalui program pendampingan dana KUR oleh 2 orang pendamping di Seram Bagian Barat yang diikut sertakan oleh Dinas Koperasi untuk program pendamping KUR di Makasar dan ini hasilnya setelah mereka dididik 2 orang tenaga tersebut honornya dibiayai oleh KEMONKOP dan UKM RI.
      
    “Kami berharap kolektifitas yang kami bangun di Dinas Koperasi walaupun dengan jumlah Pegawai hanya 22 orang dengan kemampuan yang sangat terbatas karena sedikitnya pegawai yang memiliki kemampuan teknis Perkoperasian yang memadai, tapi Insyah Allah dengan adanya komitmen pengabdian yang tinggi kami yakin akan mampu mengemban amanah dalam rangka menjadikan Koperasi dan UKM agar memiliki kemandirian, keunggulan kompetitif dan daya saing dimasa akan datang,” paparnya. (KT-MFS)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Paliama Harap Lewat Pemberdayaan Koperasi dan UKM Dapat Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top