• Headline News

    Rabu, 27 Juni 2018

    Wakil Ketua DPD Pantau Pilkada Maluku


    Ambon, Kompastimur.com
    Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Nono Sampono memantau langsung proses pengumutan suara calon Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku di sejumlah Tempat Pengumutan Suara (TPS) di Kota Ambon, Rabu (27/06).

    Pemantauan ini diawali TPS 01 Hative Besar, TPS 01 Keluarahan Tihu, TPS 01 Karang Panjang, TPS 02 Perigi Lima dan akhiri TPS 11 Waihaong.

    Wakil Ketua DPD Nono Sampono menyatakan, pemantauan yang dilakukan ini merupakan bagian dari amanat Undang – Undang Dasar dan Undang-Undang, yang memperbolehkan anggota DPD mengawasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Umum (Pemilu).

    “Kenapa kami dimungkinkan melakukan pengawasan Pilkada dan Pemilu alasan lainnya adalah kami bukan perwakilan partai sehingga lebih netral,” ungkap Nono kepada wartawan, Rabu (27/06).

    Dari hasil pengawasan, kata Nono, terlihat tingkat partisipasi pemilihan untuk menyalurkan hak pilih diantara 63 persen hingga 67 persen.

    Penyebabnya tersebut, satu diantaranya warga tidak menerima surat undangan ditambah penyebab lainnya. Meski begitu, tidak menimbulkan masalah yang berat.

    “Pilkada tadi berlangsung lancar dan aman. Dengan begitu asumsi Maluku masuk daerah rawan dalam Pilkada bisa terbantahkan, sehingga wilayah yang dinyatakan rawan bergeser ke Maluku Utara,” jelasnya.

    Selain pengawasan saat pencoblosan dan sesudahnya, Selasa kemarin, juga melakukan rapat lintas sektoral guna memastikan logistik Pilkada, pengamanan dan netralitas TNI-Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

    Nono mengatakan, pengawasan serupa juga dilakukan 134 anggota DPD pada 171 daerah yang menggelar Pilkada serentak. Kata Nono, Ketua DPD Sapta Odang memantau Pilkada Kalimantan Barat dan Jawa Timur, sedangkan Profesor Damayanti di Sumatra Utara.  

    “Pengawasan Pilkada ini juga tindak lanjut rapat koordinasi dengan Menkopulhukam, pihak keamanan dan penyelenggara beberap waktu lalu di Jakarta,” jelasnya.

    Nono menambahkan, wilayah Maluku merupakan daerah kepulauan, sehingga rentang kendali menjadi masalah utama. Itu merupakan salah satu masalah utama dalam pendistribusian logistik.”Masalah rentang kendali ini yang nanti kita bahas,” jelasnya.(KT-rls-JB)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Wakil Ketua DPD Pantau Pilkada Maluku Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top