• Headline News

    Minggu, 03 Juni 2018

    Panwas SBB Bongkar Kecurangan Pasangan Baileo


    Piru, Kompastimur.com 
    Panwas Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) menemukan pelanggaran yang dilakukan Tim Pemenangan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur dengan nomor urut 2, Murad Ismail-Barnabas Orno (Baileo) karena memberikan Pupuk Cair kepada warga Desa Uraur dan warga Desa Taniwel pada Kecamatan Taniwel.

    Kepada Kompastimur.com, Kordiv HPP Panwas Kabupaten SBB Ongen Tehisijarana mengatakan penemuan Pupuk Cair yang telah diedarkan di Desa Uraur ini berlebelkan pasangan Baileo.


    “Di Desa Uraur itu diedarkan oleh Melky Silaka salah satu kader PDIP. Barang bukti yang ditemukan berupa satu botol pupuk cair bertuliskan ‘mari sejahterakan petani’ dan bergambar  pasangan Murad Ismail dan Barnabas Orno serta satu lembar stiker paslon Baileo,” kata Tehisijarana via selulernya, Sabtu (02/06) malam.

    Dirinya mengaku, untuk kasus temuan pupuk pada Desa Uraur sementara dalam proses dan sudah dilaporkan ke Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dan akan diserahkan ke pihak kepolisian.

    Sementara untuk temuan di Desa Taniwel, dirinya menjelaskan kronologis invetigasi sehingga berhasil menemukan puluhan pupuk yang siap di edarkan bagi masyarakat di Taniwel bagian pegunungan ini bermula dari postingan dari akun Facebook atas nama Jodis C Rumahsoal yang menjelaskan gambar  (pupuk) dalam postingan  tersebut siap di berikan bagi warga.

    Dengan temuan postingan tersebut, Panwas Kabupaten SBB langsung bergerak cepat dengan menginstruksikan kepada Panwas Kecamatan Taniwel untuk melakukan investigasi dan alhasil Panwas Kacamatan Taniwel menemukan puluhan pupuk cair bergambar Pasangan Calon Gubernur dan wakil Gubernur Murad-Orno yang di titipkan pada salah satu rumah warga di RT 02 Desa Taniwel yang siap didistribusikan ke masyarakat Taniwel bagian pegunungan.

    “Kronologisnya itu dari postingan saudara Jodis C Rumahsoal yang mengatakan pupuk-pupuk itu siap diberikan kepada warga Taniwel. Kami langsung bergerak cepat dengan melakukan investigasi melalui Panwas Kecamatan Taniwel. Hasilnya, Ketua Panwas Kecamatan Taniwel Esau Maketake bersama beberapa anggota Panwas menemukan 50 botol pupuk cair yang berada di rumah keluarga H Lumamuli, dimana rumah tersebut diketahui sering digunakan oleh warga Taniwel Pegunungan sebagai rumah transit dari warga yang akan ke Taniwel gunung. Pupuk itu terbungkus dalam dua plastik merah besar,” ungkapnya. 

    Terkait sangsi atas pelanggran ini, dirinya mengaku sementara di proses karena laporan dan barang buktinya baru diterima oleh Panwas Kabupaten pada Sabtu (02/03) sore, sehingga Panwas kabupaten sedang menyelidiki dari mana dan siapa yang mengantarkan pupuk tersebut ke rumah keluarga H Lumamuli.


    “Saat Panwas kecamatan tiba di rumah Ibu Lumamuli, hanya ada Ibu Lumamuli sendiri di rumah dan tidak menemukan orang yang membawa pupuk-pupuk itu, sehingga untuk sementara masih diselidiki siap yang mengatarkan pupuk tersebut, karena Ibu Lumamuli tidak mengetahui siapa yang mengantarkan pupuk itu ke rumahnya disaat ia tak berada di rumah. Kita sementara mencari tau siapa yang mengantar pupuk-pukuk tersebut,” kata Tehisijarana. (KT-02)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Panwas SBB Bongkar Kecurangan Pasangan Baileo Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top