• Headline News

    Sabtu, 16 Juni 2018

    Jamaah Shalat Idul Fitri Desa Luhu Penuhi Ruas Jalan Umum



    Luhu, Kompastimur.com 
    Menyambut hari kemenangan umat muslim setelah menghadapi puasa selama 30 hari lamanya, kini umat muslim sedunia menyambut kemenangan dengan merayakan shalat Idul Fitri 1439 Hijriah.

    Salah satunya, di Desa Luhu Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Provinsi Maluku menyambut kemenangan dengan melaksanakan shalat idul fitri.

    Para jamaah yang hadir untuk melakukan shakat idul fitri dengan menutupi ruas jalan umum yang digunakan untuk tempat ibadah dengan beralaskan koran dan tikar.

    Pantauan Wartawan Kompastimur.com Jumaat (15/6/2018) Pada Pukul 07,00 WIB terlihat masyarakat Desa Luhu berbondong-bondong menuju Mesjid Jami untuk melakukan shalat Idul Fitri, terlihat pula ada masyarakat hadir dengan membawah peralat berupa tikar dan koran untuk digunakan sebagai tempat alas untuk meletakan sajadah sebagai tempat sujud dalam pelaksaan shalat idul fitri.

    Bukan hanya Jalan Umum yang digunakan untuk para jamaah shalat idul fitri untuk tempat shalat tetapi ada beberapa teras rumah warga yang berada didekat mesjid ditempati warga jamaah untuk melakukan shalat idul fitri.

    Hal ini dikarenakan Halaman yang kecil serta kapasitas mesjid Jami Desa Luhu yang tidak mampu menampung para jamaah shalat Idul Fitri 1439 H, sehingga para jamaah yang hadir untuk melakukan ibadah shalat harus menempati ruas jalan raya serta teras rumah warga dan ini sudah terjadi bertahun tahun.

    Apalagi Warga Desa Luhu yang ada di perantauan semuanya pulang kampung, warga Desa Luhu yang berdiam di Negeri Luhu itu pun kapasitas mesjid tidak mampu menampung para jamaah ibadah shalat Idul Fitri 1439 H,apalagi anak Desa Luhu yang ada dirantau pulang dan rayakan shalat Idul Fitri, alhasilnya jalan raya dan teras rumah menjadi tempat untuk mereka shalat berjamaah.


    Desa yang besar dengan jumlah penduduk yang terbanyak juga di kabupaten SBB, seharusnya sudah memiliki mesjid yang besar dan punya kapasitas yang dapat menampung ratusan maupun ribuan jamaah apalagi saat datangnya hari hari besar keagamaan islam seperti yang saat ini dirayakan umat islam dipelosok dunia.

    Terlihat dalam shalat berjamaah itu, Bimas Polsek Huamual Kabupaten SBB yang ikut memantau jalannya ibadah shalat Idul Fitri 1439 Hijrah yang berjalan aman tanpa gangguan apapun. (KT-MFS)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Jamaah Shalat Idul Fitri Desa Luhu Penuhi Ruas Jalan Umum Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top