• Headline News


    Tuesday, June 19, 2018

    Indikasi Penggunaan Ijazah Palsu Warnai Pilkades Bursel



    Namrole, Kompastimur.com 
    Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Buru Selatan (Bursel) akan segera dilaksanakan akhir Tahun 2018 ini. Tahapan pendaftaran pun sudah dilakukan di 29 Desa yang akan menggelar Pilkades.

    Namun, bercermin dari kasus Kades Hotte, Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Yusuf Latuwael yang tersandung kasus Ijazah Palsu dan harus diadili di Pengadilan Negeri Ambon, maka seluruh Panitia Pilkades di 29 Desa yang akan menggelar Pilkades pun dituntut untuk bekerja hati-hati dalam menyeleksi administrasi setiap calon, termasuk proses verifikasi faktual yang harus dilakukan guna memastikan keaslian dari ijazah para Calkades.

    “Di Bursel inikan sudah pengalaman, dimana Kades Hotte harus berurusan dengan polisi hingga ke pengadilan karena dugaan terlibat kasus Ijazah Palsu. Olehnya itu, kami berharap seluruh Panitia Pilkades harus bekerja hati-hati, jangan sampai ada yang kecolongan lagi dalam meloloskan Calkades berijazah palsu,” kata salah satu Kades yang enggan namanya dipublikasi kepada wartawan di Namrole, Senin (18/06).

    Menurutnya, ada indikasi sejumlah Calkades yang sementara berproses untuk mencalonkan diri ternyata memiliki Ijazah Palsu.

    “Kan aneh saja, kalau ada orang yang memiliki Ijazah Paket B dan C hasil beli-beli dan mencalonkan diri sebagai Kades,” ucapnya.

    Olehnya itu, Ia berharap agar Panitia Pilkades dapat jelih atas seluruh proses tahapan yang dilalui oleh setiap Calkades sehingga pada akhirnya tidak ada masalah hukum dalam perjalanannya.

    Di tempat yang sama, salah satu Bendahara Desa pada Desa berbeda pun turut angkat bicara terkait masalah serupa.

    “Di Desa kami juga ada indikasi Calkades berijazah Palsu. Sebab, seluruh masyarakat di Desa kami juga pasti tahu kalau yang bersangkutan tidak pernah sekolah sampai SMA dan tidak pernah ikut Ujian Paket, tapi kalau yang bersangkutan punya ijazah Paket untuk Calon Kades, ijazahnya dari mana lagi kalau beli-beli dan itu palsu,” kata Bendahara Desa yang tak mau namanya dipublikasi tersebut.

    Terkait itu, dirinya berharap Panitia Pemilihan Kepala Desa di desanya secara khusus maupun di Desa lainnya di Kabupaten Bursel tidak kecolongan dalam menyeleksi administrasi para Calkades yang berproses.


    “Jangan sampai Calkades berijazah palsu yang terpilih dan harus berurusan lagi dengan hukum seperti yang terjadi di Desa Hotte itu,” bebernya. (KT-01)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Indikasi Penggunaan Ijazah Palsu Warnai Pilkades Bursel Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top