• Headline News

    Minggu, 03 Juni 2018

    Buka Puasa Bersama PDIP Bursel Warnai Peringatan HUT Pancasila


    Namrole, Kompastimur.com
    Tanggal 1Juni 2018 adalah salah satu hari bersejarah bagi bangsa Indonesia dimana hari tersebut di peringati sebagai hari lahirnya Pancasila yang ke 73 tahun.

    Hari nasional ini diperingati oleh DPC PDIP Kabupaten Buru Selatan (Bursel) yang dinakodai oleh Sami Latbual sebagai Ketua DPC dan Yohan Lesnussa sebagai Sekretaris DPC dengan menggelar Buka Puasa bersama seluruh fungsionaris partai yang berlangsung diBalai Desa Labuang dan dilanjutkan di Rumah Makan Ayah di Kilo Meter II, Kecamatan Namrole, Kabupaten Bursel, Jumat (01/06) malam.

    Dalam acara buka puasa bersama tersebut, diawalai dengan cerama singkat dari Ustad Aras Sehati yang mengatakan bahwa Pancasila merupakan dasar yang kuat dalam mengatur tatanan kehidupan masyarakat Indonesia baik hubungan antara manusia dengan manusia maupun manusia dengan Tuhan.

    “Sila pertama sudah jelas mengatakan bahwa Tuhan itu Esa, Tuhan itu satu. Pancasila sudah mengatur jelas dan merupakan dasar kuat dalam menata kehidupan masyaraat Indonesia,” ungkapnya.

    Menurutnya,dalam  perwujudan dari sila-sila pada dasar Negara Indonesia, Pancasila mengajak kita untuk bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, saling menghormati sesama, dalam mencapai persatuang bangsa yang kuat.

    “Bangsa kita akan selalu aman, hubungan kita antara sesama akan selalu harmonis kalau lima sila pada Pancasila ini dapat diamalkan dan diterapkan oleh kita semuadalam kehidupan sehari-hari. Menjaga hubungan antar sesama dan menjaga hubungan dengan Tuhan akan membuat kehidupan kita menjadi harmonis,” ungkapnya.

    Sementara itu, Ketua DPC PDIP Kabupaten Bursel, Sami Latbual disela-selaBuka Puasa Bersama dengan keluarga besar PDIP mengatakan, langkah yang di ambil dengan menggelar kegiatan Buka Bersama adalah bagian dari cara untuk menumbuhkembangkan rasa, serta sikap untuk menghargai dan mempedomani dasar Negara yang telah dirumuskan oleh para Pahlawan bangsa.

    “Buka bersama ini merupakan rangkaian untuk memperingati hari lahirnya Dasar Negara kita Pancasila, sekaligus mengajak semua elemen dan fungsionari partai untuk baagaimana memaknai apa itu Pancasiladimana Pancasila itu sendirimengajak kita semua untuk hidup saling menghargai dan saling toleransi antara umat beragama,” kata Latbual.

    Sebab, menurut Latbual, jika Pancasia diterapakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai pedoman hidup maka kehidupan yang nasionalisme danharmonis akan dengan akan sendirinya tercipta.

    “Sudah pasti jika Pancasila dimaknai dan diterapkan dalam kehidupan keseharian kita, keharmonisan, keamanan, ketertiban serta hubungan baik akan terjaga baik itu antara kita sesama manusia maupun dengan Tuhan,” ujarnya.

    Latbual yang juga Calon anggota DPRD Provinsi Maluku Dapil Kabupaten Buru dan Bursel ini  berharap Pancasila selalu dapat diamalkan dan dilaksanakan oleh seluruh kader PDIP baik dalam berorganisasi maupun dalam kehidupan masyarakat yang majemuk.

    "Mari kita bersama-sama saling meneguhkan toleransi, meneguhkan persaudaraan dan juga terutama solidaritas kita semua dengan Pancasila sebagai dasarnya," ajak Latbual.

    Tak hanya sampai disitu, ajang Buka Puasa Bersama ini juga djadikan sebagai ajang untuk memperingati Bulan Bung Karno yang diperingati setiap bulan Juni.

    Selain itu, lanjut Latbual, kegiatan ini pun dijadikan sebagai sarana silaturahmi dan konsolidasi sesama kader PDI Perjuangan dallam rangka pemenangan Pilgub Maluku Tahun 2018, maupun Pileg dan Pilres tahun 2019 nanti. (KT-02)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Buka Puasa Bersama PDIP Bursel Warnai Peringatan HUT Pancasila Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top