• Headline News

    Kamis, 28 Juni 2018

    Bermasalah, Panwaslu Rekomendasi PSU di TPS Ini



    Namrole, Kompastimur.com
    Tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku periode 2018-2023 yang berlangsung Rabu (27/06) dikotori oleh ulah penyelenggara di tingkat KPPS Desa Elfule, Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan (Bursel).

    Petugas KPPS di TPS III Desa Elfule yang seharusnya independen dalam menyelenggarakan pesta demokrasi tersebut malah berlaku nakal.

    Sebanyak 4 orang anggota KPPS setempat malah melakukan pencoblosan sisa surat suara yang seharusnya tak dicoblos lantaran pemilih yang terdaftar tak datang ke TPS 03 Desa Elfule.

    “Jadi TPS III Desa Elfule, anggota KPPS-nya dalam hal ini telah melakukan pelanggaran, yaitu ada 4 orang dari anggota KPPS yang ada telah melakukan pencoblosan terhadap surat suara yang sisa dari jumlah DPT yang ada pada saat sudah selesai pada pukul 13.00 WIT dan sekitar pukul 13.30 WIT, mereka melakukan pencoblosan terhadap surat suara sisa yang ada,” kata Ketua Panwaslu Kabupaten Bursel, Umar Alkatiri kepada wartawan, Rabu (27/06).

    Mengetahui pelanggaran itu, Panwaslu Kabupaten Bursel telah mengambil tindakan melalui Panwaslu Kecamatan Namrole dengan menyita surat suara sisa yang telah tercoblos maupun belum sempat dicoblos.

    “Surat suara sisa yang ada itu yang disita atau yang diamankan itu ada berjumlah 103 dan yang sudah dicoblos itu 34,” terangnya.

    Tak hanya itu, Panwaslu Kecamatan pun telah mengeluarkan rekomendasi untuk bisa dilanjutkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) guna melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS III Desa Elfule.

    “Panwaslu Kecamatan telah mengeluarkan rekomendasi untuk dilakukan PSU oleh KPU,” terangnya.

    Selain itu, tambah Alkatiri, terkait dengan tindakan yang mengarah ke wilayah hukum, pihaknya menyerahkan sepenuhnya ke pihak sentra Penegakan Hukum Terpadu Pemilihan Umum (Gakumdu) untuk memprosesnya.

    Untuk diketahui, akibat masalah ini, proses perhitungan hanya dilakukan di TPS I, TPS II dan TPS IV. Dimana, pada ketiga TPS ini, pasangan Murad Ismail – Barnabas Orno (BAILEO) unggul signifikan dari kedua pasangan calon lainnya, yakni Said Assagaff – Andarias Rentanubun (SANTUN) dan Herman Koedoeboen – Abdullah Vanath (HEBAT).

    Di TPS I Desa Elfule, BAILEO unggul dengan meraih 336 suara, SANTUN meraih 95 suara dan HEBAT meraih 58 suara serta terdapat 4 surat suara yang dinyatakan tidak sah.

    BAILEO juga unggul di TPS II Desa Elfule dengan meraih 420 suara, SANTUN meraih 20 suara dan HEBAT hanya meraih 5 suara.

    Sedangkan, di TPS IV Desa Elfule, BAILEO unggul dengan meraih 252 suara, SANTUN meraih 78 suara dan HEBAT hanya meraih 44 suara serta ada 9 surat suara yang dinyatakan tidak sah. (KT-Tim)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Bermasalah, Panwaslu Rekomendasi PSU di TPS Ini Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top