• Headline News


    Friday, June 22, 2018

    BAILEO Unggul Tipis Diatas Santun dan HEBAT


    Ambon, Kompastimur.com
    Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Kamis (21/05/2018) merilis hasil survei Pilkada Maluku 2018. Pada survei tersebut, ditemukan pasangan calon Murad Ismail-Barnabas Orno (BAILEO) di posisi pertama mencapai 30 persen. Sementara posisi kedua ditempati pasangan Said Assagaff-Anderias Rentanubun (SANTUN) 27,3 persen dan diikuti pasangan Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath 24,6 persen.

    Survei dilakukan sejak tanggal 6 sampai 13 Juni 2018. Dengan tema “Maluku Diambang Gubernur Baru kah ?”. Survei dilakukan secara tetap muka terhadap 600 responden. Responden dipilih menggunakan metode multistage random sampling, dengan margin of eror sekitar 4,1 persen.

    Hasil survei tersebut, dinilai sebagai sebuah pelemahan terhadap petahana Said Assagaff. Dalam survei tersebut, ditemukan keinginan memilih gubernur baru sebanyak lebih mendominasi partisipasi pemilih, yakni mencapai 58,9 persen. Sementara keinginan untuk memilih kembali petahana sebagai Gubernur sekitar 27,3 persen dan hilangnya basis pemilih militan petahana (strong voters) yang hingga kemarin tersisa 19,5 persen.

    Ikrama Masloman saat merilis hasil penelitian LSI mengatakan, survei yang dilakukan ini dilengkapi dengan kualitatif riset (FDG/focus group discussion, media analisis, dan indepth interview). Dimana para pemilih yang menginginkan gubernur baru meningkat tajam dibandingkan survei sebelumnya pada Mei 2017 lalu yang pemilih menginginkan gubernur baru mencapai 32,3 persen.

    Kata dia, pada Oktober 2017 meningkat sebesar 43,8 persen. Januari 2018 sedikit turun 0,3 persen. Dan baru kembali meningkat tajam pada periode April 2018 menjadi 49,5 persen. Bahkan mencapai angkat tertinggi pada periode Juni 2018 sebesar 58,9 persen.

    “Tiga alasan mengapa Maluku diambang gubernur baru. Mayoritas public ingin gubernur baru itu mencapai 68,8 persen. Kemudian 54,6 persen masyarakat Maluku nilai karakter kepemimpinan petahana lemah. Sementara persepsi publik yang tidak menginginkan petahana menjabat kembali sebagai gubernur mencapai 48,2 persen. Dan sisanya belum memutuskan,” jelas Ikrama, saat pemaparan hasil survei di Pasifik Hotel, Kamis (21/6/2018).

    Dia menjelaskan, terdapat 48,20 persen pemilih tidak inginkan petahana kembali menjabat Gubernur Maluku, dan itu terpolarisasi dari mereka yang mendukung pasangan BAILEO sebesar 43,30 persen, dan 34,30 persen dari pendukung HEBAT dan 11,80 persen berasal dari pendukung pasangan SANTUN.

    Sementara itu, keinginan memilih petahana sebagai Gubernur baru periode 2018-2023 kembali merosot. hal ini terlihat tampak, dimana sebelumnya pada Mei 2017 sebanyak 44,9 persen pemilih ingin petahana kembali menjadi Gubernur. Namun, realitas tersebut menurun di bulan Oktober 2017 yang mulai menurun hingga 41,7 persen. kemudian Januari 2018 kembali mmenurin 37,4 persen dan kembali menurun menjadi 30,8 persen dan sampai pada Juni 2018 ini kembali menurun hingga 27,3 persen.

    “Hal ini membuat pasangan Murad – Barnabas (BAILEO) kembali ungul. Meskipun demikian, namun posisi pasangan BAILEO itu belum aman karena selisih dengan dua pasangan lain, yakni SANTUN dan HEBAT itu tipis dibawah 10 persen dengan swing voters yang masih 20 persen, sehingga masih dapat terjadi saling menyalib dukungan,” bebernya.

    Menurutnya, Ada 4 kondisi yang mampu merubah suara tersebut, yakni suara pemilih yang mengambang masih sebesar 20 persen. Dimana, beralihnya dukungan pemilih yang belum punya pilihan atau swing voters mendekati bhari H itu makin kecil. Kemudian ditentukan oleh meningkatnya angka golput.

    Berikut ditentukan oleh kampanye yang menyerang lawan dengan fakta-fakta yang melemahkan. Karena isu negatif yang masif terhadap seorang kandidat, dapat mengubah konstalasi. Dan yang terakhir adalam ditentukan oleh intervensi dari pihak yang memiliki suara (oknum penyelenggara atau oknum penguasa) yang bisa mengubah suara rill yang diperoleh masing-masing pasangan calon. (KT-SH)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: BAILEO Unggul Tipis Diatas Santun dan HEBAT Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top