• Headline News

    Kamis, 03 Mei 2018

    Tak Transparan, Kantor Baznas SBT Didemo




    SBT, Kompastimur.com 
    Kantor Badan Amil Zakat Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dinilai tak transparan dalam pengelolaannya. Hal ini membuat puluhan Mahasiswa dari Himpunam Mahasiswa Islam Indonesia (HMI) Cabang SBT berdemonstrasi di depan Kantor Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) SBT pada, Kamis (3/5) di Bula.

    Para demonstran yang bergerak dari Sekretariat tersebut lansung mengelilingi Kota Bula sebelum menuju ke Kantor Baznas yang dipimpin oleh Samsul Zamani Tukuwain.

    Sampai di Kantor tersebut para demonstran mulai melakukan orasi didepan Kantor dengan dengan menyampaikan beberapa poin tuntutan, diantaranya, mendesak BupatiSBT agar segera mengevaluasi kinerja Ketua dan komisioner Baznas Kabupaten SBT.

    Kedua, mendesak Bupati SBT segera mencopot Jabatan Ketua Baznas Kabupaten SBT karena telah melakukan pelanggaran terkait pengelolaan keuangan Baznas Kabupaten SBT dan terakhir mendesak Kejari Negeri Masohi agar segera mengaudit keuangan Baznas SBT, karena telah melakukan tindakan yang melanggar ketentuan Hukum.

    Salah seorang pendemo dalam orasinya mengatakan, Pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh para pimpinan Baznas sangat jauh dari harapan Masyarakat bahkan dinilai tidak menyentuh pada yang berhak menerima, padahal sumber dari keuangan Baznas SBT yang berasal dari pemotongan Gaji para PNS dilingkup Pemkab SBT tersebut mestinya harus dikelola dengan baik.

    "Ini kan dipotong dari Gaji PNS sehingga harus dikelola dengan baik serta tepat sasaran, buka bukan untuk memperkaya diri sendiri," katanya.

    Aksi yang dipimpin lansung oleh Ali Yuba Kelilauw ini kemudian menuju Kantor Depag SBT dan berkhir di Kantor Bupati SBT.


    Aksi yang dikoornir lansung oleh Sekretaris HMI Cabang SBT, Saidin Gassam ini bahkan menilai, pengelolaan Baznas di SBT bertentangan dengan UU Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat yang tertuang dalam Pasal 1 yang berbunyi, Zakat adalah kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan pengordinasian dalam pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan Zakat serta UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. (KT-FS)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Tak Transparan, Kantor Baznas SBT Didemo Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top