• Headline News


    Friday, May 11, 2018

    Sosialisasi RASTA, Dinsos SBB Segera Salurkan Rasta Sisa



    Piru , Kompastimur.com 
    Kepala Seksi Bantuan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Sosial Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Provinsi Maluku Ny. Debby Tupamahu yang didampingi Penjabat Desa Neniari Hesty Waimese melakukan sosialisasi terkait bantuan sosial Beras Sejahtera (Rasta) kepada masyarakat penerima manfaat di Balai Desa Neniari, Kecamatan Seram Barat Rabu (9/5).

    Debby Tupamahu mengatakan dirinya telah memberikan penjelasan kepada masyarakat penerima manfaat beras sejahtera di Kabupaten SBB Provinsi Maluku agar dapat memahami perbedaan antara Beras Rakyat Miskin (Raskin) dan Beras Sejahtera (Rasta) yang akan diberikan kepada penerima manfaat di tersebut.

    " Bantuan Beras Rasta  di Kabupaten SBB akan diberikan kepada 15.613 kepala keluarga (KK) penerima manfaat dan penyediaan rasta untuk masyarakat penerima manfaat tidak dibebankan biaya dan merupakan bantuan,” ungkap Tupamahu.

    Tupamahu merincikan perkecamatan sebagai berikut; Kecamatan Kairatu sebanyak 1.045 KK, Kecamatan Manipa 648 KK, Kecamatan Taniwel Timur 568 KK, Kecamatan Taniwel 1.251 KK, Kecamatan Elpaputih 426 KK, Kecamatan Amalatu 736 KK, Kecamatan Seram Barat 1.642 KK, Kecamatan Inamosol 630 KK, Kecamatan Kairatu Barat 629 KK, Kecamatan Huamual 4.504 KK, dan Kecamatan Huamual Belakang 3.536 KK.

    “Enam kecamatan sudah disalurkan, sedangkan 5 kecamatan dalam waktu dekat ini akan juga disalurkan, Beras rasta ini diberikan cuma-cuma tanpa dibayar alias gratis diberikan kepada masyarakat. Sebab rasta adalah bantuan sosial,” ucapnya.

    Ditambahkannya, Pemerintah Pusat telah mengubah skema penyaluran beras sejahtera dari pangan bersubsidi menjadi bantuan sosial pangan. Terkait penyalurannya pemerintah kabupaten Seram Bagian Barat akan segera menyalurkan beras sejahtera tahun 2018 pada tiga tahapan penyaluran” Pungkasnya

    Saat ini perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah kabupaten Seram Bagian Barat sangat besar. Untuk itu, dinas sosial harus melakukan verifikasi terhadap masyarakat penerima manfaat, hal ini disebabkan situasi dilapangan banyak masyarakat yang mengeluh karena belum mendapatkan bantuan sosial.

    “Diharapkan lewat verifikasi ini adanya data yang valid terhadap masyarakat penerima manfaat, karena sangat sulit masyarakat dapat melapor bahwa kehidupannya sudah sejahtera," harapnya

    Untuk itu, dinas sosial harus lebih teliti lagi memverifikasi data masyarakat yang sudah sejahtera dan data masyarakat penerima bantuan sosial agar bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah benar-benar tertuju pada masyarakat yang belum sejahtera (masyarakat miskin).

    “Kadang masyarakat tidak jujur mengatakan bahwa kehidupannya sudah sejahtera, padahal dia adalah seorang pengusaha, pegawai negeri sipil, atau orang-orang yang memiliki usaha kelompok yang besar. Untuk itu, Bupati SBB mengharapkan agar bantuan sosial pemerintah pusat dapat terfokus kepada masyarakat yang benar-benar miskin,” jelas Tupamahu. (KT-MFS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sosialisasi RASTA, Dinsos SBB Segera Salurkan Rasta Sisa Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top