• Headline News

    Sabtu, 12 Mei 2018

    BPBD Malra Selalu Bekerja Sesuai Aturan



    Langgur, Kompastimur.com 
    Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Drs. Mohctar Ingratubun menegaskan jika pihaknya dalam bekerja selalu mengedepankan aturan atau mekanisme yang ditentukan.

    Pernyataan tersebut disampaikannya merujuk pada proses penanganan kejadian bencana yang terjadi beberapa hari lalu, yang menyebabkan sebuah rumah di kawasan Watdek, Kecamatan Kei Kecil ambruk diterjang angin kencang. 

    Ingratubun mengakui terkait dengan proses pembangunan pengaman untuk rumah yang ambruk pada dua hari kemarin belum ditangani BPBD Malra.

    Meski demikian, pihaknya telah menugaskan staf BPBD Malra untuk memberikan bantuan logistik.

    "Untuk penanganan fisik itu memang belum kami lalukan karena tidak adanya dana yang tersedia dalam kaitannya dengan aturan penanganan bencana," akuinya, Kamis (10/5).

    Tahun ini, ungkap Ingratubun, sesuai alokasi anggaran BPBD Malra pasca dilakukan evaluasi di tingkat provinsi, bahwa kasus seperti ini tidak bisa dianggarkan di dalam DPA.

    "Jadi, untuk kejadian yang seperti ini mestinya diambil dari dana tak terduga tetapi itu pun ada mekanismenya apalagi kalau hanya satu sampai dua rumah sehingga Bupati juga susah mengeluarkan pernyataan darurat sebagai dasar untuk mengeluarkan anggarannya," ungkapnya.

    Dikatakan Ingratubun, skopnya harus sedikit meluas dengan standar di atas sepuluh 10 rumah.

    "Kalau 10 rumah barulah Bupati bisa mengeluarkan status tanggap darurat atau pernyataan darurat barulah bisa digunakan dana tak terduga tersebut untuk membiayai perumahan ataupun para korban dan lainnya. Tetapi kalau rumah yang sifatnya tua kemudian tiba-tiba dia rubuh, itu berarti penanganannya secara reguler," sambungnya.

    Dalam hal ini, BPBD Malra akan mengambil data dan menganalisanya untuk kemudian dikombain dengan rumah-rumah bangunan yang lainnya.

    "Setelah itu barulah kita usulkan ke tingkat pusat dan memang selama ini cara seperti itu yang kami lakukan," tandasnya. (KT-

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: BPBD Malra Selalu Bekerja Sesuai Aturan Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top