• Headline News

    Minggu, 13 Mei 2018

    178 Siswa PAUD Se-Kecamatan Kiandarat Wisuda



    Bula, SBT – Kompastimur.com 
    Setidaknya semua masyarakat boleh berbangga karena Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Seram Bagian Timur  (SBT), bisa menjadi model dan contoh di seluruh Indonesia. Ini semua karena dukungan para orangtua yang mau membawa anak mereka untuk belajar  di PAUD.

    Sebanyak 178 siswa PAUD se-Kecamatan Kiandarat, Sabtu (12/05/2018) mengikuti acara wisuda Angkatan I Wisudawan dan Wisudawati Gabungan Paud Se Kecamatan Kiandarat Tahun pelajaran 2017/2018 kegitan yang di selenggarakan di Aula Min Kelaba Kecamatan Kiandarat dengan tema "Membntuk anak yang cerdas baik dan terampil menyongsong generasi emas di tanah ita wotu nusa".

    Perhatian dan Kepedulian orang tua terhadap pendidikan anak memegang peranan penting, kemampuan orang tua dalam mendidik dan dan mengarahkan anak sangat mempengaruhi bagi tumbuh kembang potensi bakat dan kecerdasan, saya yakin proses Pendidikan Usia Dini merupakan landasan bagi pembentukan atau  bekal menuju pendidikan selanjutnya yaitu Sekolah Dasar” demikian Ujar Kapala UPTD Kecamatan Kiandarat Jufri Rumwokas.

    Lebih lanjut Rumwokas berkata ”bila kita berperilaku atau berucap jelek jangan dihadapan anak-anak usia kecil, hal tersebut perlu dihindari karena memori pada Anak Usia Dini sangat tajam, dihimbau tunjukan perilaku yang baik berucap sopan santun karena baik atau buruk akan diikuti dan nanti akan menjadi kebiasaan serta terbentuk karakter pada anak tersebut” ujarnya

    Terakhir Rumwokas berpendapat “pada moment ini Alhamdulillah anak-anak para orang tua yang hadir saat ini telah menyelesaikan masa belajarnya di PAUD  yang ada di Kecamatan Kiandarat, ceremoni wisuda ini sebagai tandanya, maka saya atas nama pribadi dan UPTD Kiandarat, Selamat kepada Adik-adik yang telah selesai menempuh Pendidikan PAUD semoga ilmu yang didapat bisa diaplikasikan ke jenjang pendidikan selanjutnya, kemudian terima kasih kepada Guru-guru PAUD yang mengabdi untuk bisa mencerdaskan anak generasi masa depan di kecamatan kiandarat.

    Sementara itu Camat Kiandarat Stevani Natasya Ambar dalam sambutan singkatnya menyampaikan upaya untuk mempersiapkan seorang anak untuk dapat mengikuti pendidikan dengan baik di tingkat sekolah dasar, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memasukkannya ke pendidikan anak usia dini (PAUD). Hal itu menjadi penting sebab di dalamnya akan diajarkan dasar-dasar, sebelum seseoranh anak akan memasuki jenjang pendidikan dasar di sekolah dasar.

    Dengan demikian peranan PAUD akan sangat penting untuk meletakkan dasar bagi pertumbuhan seorang anak ke depannya. Hal itu merupakan bagian dari sambutan Camat Kiandarat Stevani Ambar pada acara Pelepasan Siswa-Siswi PAUD se-Kiandarat.

    Senada dengan Stevani Ambar, Datu Karamah Siwasiwan mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten SBT Achmat Rumaratu dalam sambutanya menyampaikan, dukungan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua komponen yang berada di PAUD kecamatan kiandarat baik kepala pengelola PAUD dan guru-guru, orang tua, maupun masyarakat kecamatan kiandarat.


    "Saya mewakili kepala dinas sangat apresiasi kepada semua komponen yang sudah melaksanakan wisuda ini karena belum tentu semua PAUD dan TK di Kabupaten SBT bisa melaksanakan wisuda seperti ini," kata Siwasiwan membacakan sambutan Kepala Dinas.

    Lanjut Siwasiwan, kita telah sama-sama mendengar tujuan melaksanakan wisuda bagi TK/PAUD, namun perlu saya sampaikan wisuda ini sesunguhnya hanya di lakukan oleh perguruan tinggi yang mewisudakan para Sarjana atau Pasca Sarjana namun sekarang lembaga-lembaga PAUD dan TK juga melaksanakan wisuda hal ini bertujuan untuk memotivasi anak agar dapat mempersiapkan diri sejak dini.


    Ditambahkanya, sebagai nawacita Bapak Presiden Indonesi yaitu membangun dan membentuk 1 desa 1 PAUD. "Saya minta partisipasi seluruh kepala desa agar dalam penyusunan program realisasi dana desa se-Kiandarat dapat memperhatikan bagian PAUD untuk membantu tunjangan dan pembangunan gedung-gedung PAUD yang sudah terbentuk," pungkasnya mewakili sambutan Kepala Dinas.

    Di akhir sambutanya, Ia menyampaikan atas nama Bupati SBT menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada kepala desa yang sudah membangun gedung PAUD melalui program dana desa.

    "Gerakan yang sama pula dilakukan oleh kepala desa yang lain sehingga harapan presiden dan bupati bisa terpenuhi tentang satu PAUD satu desa bisa terwujud," kata Siwasiwan.

    Disaksikan media ini, walaupun hujan deras saat kegiatan, masyarakat dan ratusan orangtua para wisudawan dan wisudawati PAUD se-Kecamatan Kiandarat sudah berkumpul sejak jam 7 pagi tadi.

    Acara wisuda berlangsung lancar hingga usai jam 12 siang. Dipimpin langsung Perwakilan Dinas Pendidikan SBT, Bunda PAUD Kecamatan Kiandarat yang juga sebagai Camat di Kecamatan Kiandarat, Kepala UPTD Kiandarat dan sejumlah tamu undangan lainnya.

    Hadir dalam kegiatan wisudawan dan wisudawati tersebut, Perwakilan 6 utusan dari staf  Dinas Pendidika SBT, Kepala Wilayah Kecamatan Kiandarat, Kepala UPTD, Kapospol Kiandarat, Babinsa Kiandarat, Raja dan Kepala Desa Se-Kiandarat, Kepala Sekolahdan Guru tingkat SD/SMP/SMA se-Kiandarat, Kepala Puskesmas, Panwas, Ketua KNPI Kiandarat, ibu-ibu PKK, Bunda-bunda PAUD se-Kiandarat tokoh agama serta masyarakat Kecamatan Kiandarat.

    Pada kesempatam itu Datu Karamah Siwasiwan mewakili Kepala Dinas Pendidikan SBT menyematkan topi toga anak PAUD sebagai simbolis diikuti oleh Bunda PAUD Kecamatan dan Kepala UPTD Kecamatan Kiandarat. (KT-Rls)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: 178 Siswa PAUD Se-Kecamatan Kiandarat Wisuda Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top