• Headline News

    Selasa, 17 April 2018

    Serangan Hama, Ratusan Kebun Di SBT Terancam Gagal Panen



    Bula,  SBT-Kompastimur.com 
    Tercatat sekitar ratusan hektar Kebun Kelapa di Kecamatan Teor Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku, dipastikan gagal panen. Hal itu terjadi seiring maraknya serangan hama yang disebut “Siput Tosea” (Tosea Maluccana) dalam bulan terakhir.

    Terkait serangan hama siput tosea  terhadap tanaman kelapa di Kecamatan Teor tersebut Ali Kolatlena, Salah Satu Anggota DPRD Kabupaten SBT yang juga dari Dapil tersebut meminta kepada Pemkab SBT terutama Dinas Pertanian dan Dinas Perkebunan Kabupaten SBT agar secepatnya mengambil langkah pencegahan penanganan.

    Dikatakan politisi muda asal partai Gerindra tersebut Agar tidak berdampak lebih parah dan merugikan petani kelapa di kecamatan teor.

    "Apalagi hama ini menyerang sebagian besar bahkan hampir semua tanaman kelapa di teor, jika tidak secepatnya ada tindakan maka masyarakat akan kesusahan dan kepayahan dari sisi pendapan," ungkap Kolatlena.

    Lanjut Dia, Mengingat kelapa adalah tanaman nomor satu di teor dan tiap warga memiliki kebun kelapa. "Kita meminta Pemda untuk bertindak lebih cepat, karena kondisi Saat ini sudah sangat meresahkan masyarakat disana. Para petani kelapa sangat berharap langkah Pemda secepatnya," kata Kolatlena.

    "Ratusan hektar yang di serang hama tersebut, dikarenakan hampir semua hutan di pulau Teor itu ditanami kelapa. Pulau Teor saja hampir besar pulau Amarsekaru jadi hal ini di perkirakan ratusan hektar yang di serang hama jenis tosea itu," terang Kolatlena.

    Siput tosea adalah sejenis hama yang menyerang pohon kelapa, terutama pada daun dan bunga mudanya. Kerusakan akibat hama yang mampu berbiak dengan cepat ini bisa sangat parah bagi pohon yang diserang.

    Kolatlena menjelaskan, dari hasil temuan saat dirinya turun langsung atas keluhan masyarakat tersebut, tidak tertanganinya hama siput tosea di kecamatan teor. Terkait hal itu dirinya langsung berkoordinasi dengan dinas pertanian Perkebunan SBT, sehingga secepatnya diambil langkah penanganan di daerah penghasil kelapa tersebut. (KT-Rls)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Serangan Hama, Ratusan Kebun Di SBT Terancam Gagal Panen Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top