• Headline News

    Senin, 16 April 2018

    Pecatur Asal Buru Juara 1 Kejuaraan Catur Maluku


    Ambon, Kompastimur.com 
    Kejuaraan  Daerah (Kejurda) catur se-Maluku Tahun 2018 yang  berlangsung sejak Kamis, 12 April kemarin di Kota Ambon kini telah selesai dilaksanakan. Dimana dalam kejuaraan catur se-Maluku yang diikuti sebanyak 120 pecatur dari berbagai daerah itu dijuarai oleh pecatur asal Kabupaten Buru yakni Amrin Ali, juara kedua yakni Andre Pattirane yang berasal dari Buru Selatan (Bursel) dan juara ketiga diraih oleh pecatur asal Kota Ambon Rayen.

    Juara 1, 2 dan 3 mendapatkan piala penghargaan dan juga hadiah bonus yang disesuaikan dengan juara yang diraih oleh para pecatur. Dimana juara I mendapatkan bonus hadiah sebesar Rp. 5 juta, juara II sebesar Rp. 3,5 juta dan juara ketiga mendapatkan Rp. 2,5 Juta.

    Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Maluku,  Edwin Adrian Huwae usai menutup Kejurda catur se-Maluku, Minggu 15 April kemarin mengatakan, dari Kejurda catur se-Maluku yang diikuti sebanyak 120 pecatur di Maluku kini telah selesai dan melahirkan juara I, II, III dan juara harapan sebanyak 20 orang.

    Percasi Maluku telah mengagendakan untuk melaksanakan Kejurda Catur se-Maluku menjadi agenda rutin di setiap tahun, yang mana Kejurda tersebut akan diadakan keling di Kabupaten/Kota di Maluki setiap Tahunnya.

    "Kami telah merencanakan untuk melaksanakan Kejurda Catur se-Maluku Tahun depan di Kabupaten Buru. Yang mana akan diputuskan dalam rapat Pengurus Percasi Maluku. Karena dalam kejurda kali ini, pecatur asal Kabupaten Buru lebih mendominasi juara," ujar Edwin.

    Menurut Edwin, rencana dilaksanakan Kejurda catur se-Maluku dilaksanakan di Buru tahun depan sebagai bentuk apresiasi kepada pecatur asal Buru, karena mereka lebih mendominasi setiap juara pada Kejurda kali ini. Oleh sebab itu, Percasi Maluku mengapresiasi para pecatur asal Buru yang telah betul-betul menunjukkan kualitasnya. "Saya juga berharap agar para pecatur dari Kota Ambon dan asal Kabupaten/Kota lainnya untuk lebih mendorong dan meningkatkan kualitasnya," terangnya.

    Dikatakannya, target utama dari kepengurusan Percasi periode 2018-2022 adalah ingin melahirkan pecatur handal bahkan hingga mendapatkan gelar grad master dalam kejuaraan Catur Nasional. Karena itu, maka pembinaan berdasarkan usia itu akan diutamakan. "Kita akan fokus pada pembinaan pecatur junior," singkatnya.

    Kata Edwin, Ketua Umum Percasi juga telah berjanji akan mendatangkan pelatih Catur dari Bela Rusia ke Ambon dan menginap srlama kurang lebih dua pekan. Untuk itu, pihaknya akan manfaatkan momentum tersebut secara baik untuk melatih pelatih di Ambon.

    "Jadi kita akan memilih siapa diantara pecatur senior di Ambon yang akan kita jadikan pelatih untuk menerima pelatihan dari pelatih catur asal Bela Rusia itu selama berada di Ambon. Dan pelatih yang kita siapkan itu akan melatih generasi muda pecatur Maluku untuk menjadi pecatur-pecatur handal," tandasnya. (KT-SH)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Pecatur Asal Buru Juara 1 Kejuaraan Catur Maluku Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top