• Headline News

    Minggu, 01 April 2018

    Dinas Pendidikan SBT Seleksi OSN Jenjang SD/MI




    Bula, Kompastimur.com 
    Dinas Pendidikan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), laksanakan seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN), jenjang Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidayah (SD/MI) Sabtu (31/03), di SD Negeri 4 Kota Bula,  yang diikuti 33 peserta utusan dari SD/MI Se-Kabupaten SBT.

    Event tahunan yang merupakan program Kementerian Pendidikan Nasional itu menjadi ajang pembuktian kemempuan siswa di bidang sains tak ketinggalan putra – putri daerah di Kabupaten bertajuk Ita Wotu Nusa.

    Ketua Pelaksana kegiatan Abdul Kadir Lausiry yang juga kepala seksi PTK dan PNF di Dinas Pendidikan Kabupaten SBT dalam laporannya menjelaskan, Seleksi OSN digelar 1 (satu) kali dalam setahun bertujuan untuk menjaring siswa yang mempunyai bakat dan berprestasi dalam bidang studi matematika dan Ilmu Pengetahuna Alam (IPA). Dalam seleksi ini mereka berlomba untuk menjadi pemenang, mereka semua siswa-siswi pilihan yang telah mengikuti perlombaan dan seleksi ditingkat sekolah yang ada di kecamatan mereka masing-masing”  katanya.

    Lebih Lanjut Lausiry mengatakan, kegiatas OSN terintegrasi dalam kegiatan karakter yang di incarkan oleh pemerintah di upayakan kegiatan ini di tempuh untuk menunjang kemampuan siswa/i kedepanya.


    Dalam hal ini juga di tingkatkan kemajuan dalam bidang seni dan olahraga olimpiade ini di selenggarakan secara jenjang yang di ikuti oleh seluruh kecamatan di Kabupaten SBT walau beberapa kecamatan tidak sempat hadir dalam pentas tahunan ini, dengan jumlah peserta sebanyak 33 orang yang terdiri dari perwakilan kecamatan yang ikut hari ini," tandasnya.

    Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten SBT Achmat Rumaratu dalam sambutannya mengatakan, yang membuka event itu berharap dari seleksi ini terjaring siswa – siswi yang memiliki kemampuan yang mewakili Kabupaten SBT dan bisa bersaing di tingkat Propinsi bahkan Nasional nantinya.

    "Pertama program ini program nasional dan di ikuti oleh anak-anak kita yang ada di Kabupaten SBT,  harapan saya kedepan bisa semuanya di ikut sertakan dalam kegiatan ini yakni kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN)," harapnya.

    Dikatakanya, Kedepannya sudah ada persiapan dari kepala sekolah yang tentunya seleksi diadakan  di kecamatan hingga mampu mewakili sekolahnya dalam mengikuti kegiatan tingkat Kabupaten. Kata Dia, "Harapan saya secara pribadi dan Dispen, Pemda terutama kita ketahui bahwa sudah lima enam kali sudah mewakili Kabupaten SBT di tingkat nasional dan mengharumkan nama kabupaten kita hinga saat ini.


    Di tambahkan Rumaratu, Banyak program emas yang dinas pendidikan laksanakan akan tetapi semuanya mandek dalam persoalan anggaran. Dikarenakan Kekuatan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di tahun 2016 dan 2017 terkuras habis dengan mengisi kekosongan guru di Kabupaten SBT yakni anggaran di berikan kepada Guru Kontrak sesuai dengan Visi dan Misi Pemerintahan Abdul Mukti Keliobas dan Fachri Husni Alkatiry sebagai Bupati di Kabupaten SBT sehingga menguras sedikit anggaran kita.

    Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Sekolah/Guru SD se-Kabupaten SBT yang mendampingi peserta Kepala Dinas Pendidikan dan Pejabat Esalon III dan IV lingkup Dinas Pendidikan  Kabupaten SBT, Kepala UPTD  Pendidikan Kecamatan yang sempat hadir serta orang tua peserta peserta olimpiade sains. (KT-Rls)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Dinas Pendidikan SBT Seleksi OSN Jenjang SD/MI Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top