• Headline News


    Monday, April 30, 2018

    Desa Waehaka Juara Lomba Desa Tingkat Kabupaten



    Namrole, Kompastimur.com
    Desa Waehaka, Kecamatan Leksula, berhasil meraih predikat juara I lomba desa tingkat Kabupaten Bursel, Propinsi Maluku  tahun 2018.

    Tim penilaian lomba desa, tingkat Kabupaten telah memilih Desa Waehaka, Kecamatan Leksula, tahun ini sebagai juara I  lomba desa tingkat Kabupaten Bursel, Propinsi Maluku.

    Pada lomba desa itu untuk juara II diraih desa Batu Layar, Kecamatan Kepala Madan,  dan  desa Batu Kasa  Kecamatan Waesama  menempati juara III," ungkap Kepala Desa Waehaka, Samsul Pune kepada wartawan di Namrole, Sabtu (28/04).

    Pune mengungkapkan, apresiasi positif terhadap panitia lomba desa tingkat kabupaten yang telah memilih Desa Waehaka Kecamatan Leksula sebagai pememang lomba Desa tingkat kabupaten tersebut.

    Menurutnya, sebagai kepala Desa Ia sangat merasa bangga atas kemenangan ini. Terkait itu, Ia bersama masyarakat akan mempersiapkan  Desa Waehaka untuk mewakili Kabupaten Bursel dalam perlombaan desa tingkat Provinsi pada bulan Sepetember 2018 nanti.

    “Penyelenggaraan perlombaan desa yang merupakan agenda rutin pemerintah daerah setiap tahun ini  merupakan satu kekuatan dalam mempercepat pelaksanaan pembangunan desa secara baik, sekaligus peningkatan partisipasi masyarakat, meningkatkan semangat, tekad dan tanggungjawab dalam membangun desa di Kabupaten Bursel,” tutur Pune.

    Camat Kecamatan Leksula, Victor Lesnussa kepada wartawan di Kantor Bupati Bursel, Sabtu (27/04) menjelaskan, perlombaan desa yang dilaksanakan tersebut merupakan agenda rutin pemerintah daerah dan juga salah satu bentuk kompetensi/persaingan pembangunan yang dilakukan secara partisipatif dan objektif oleh masyarakat di desa.

    Pelaksanaan lomba desa dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat desa, tingkat kecamatan, tingkat kabupaten, tingkat provinsi dan tingkat nasional.

    Dalam penilaian lomba desa ada beberapa indicator yang di nilai oleh Panitia seperti, partisipasi masyarakat, peran  pemerintahan desa, keaktifan lembaga kemasyarakatan dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK).


    "Pemerintah Kecamatan selalu berupaya untuk mendukung pelaksanaan pembangunan desa khususnya pelaksanaan lomba desa secara obyektif sehingga tidak menimbulkan kesan bahwa lomba desa adalah suatu kegiatan rutin semata yang sarat dengan acara seremonial," jelas Lesnusa.

    Ia mengatakan, lebih dari itu yang diharapkan adalah betul betul merupakan kewajiban dan tanggung jawab bersama sebagai pemimpin dan pemerintah desa, sehingga dapat bekerja sama dengan semua lapisan masyarakat untuk bekerjasama membangun desa agar dapat dibanggakan dan berprestasi seperti sekarang ini paling tidak sebagai juara lomba desa tingkat Kabupaten.

    "Surat keputusan (SK) juara dalam lomba desa ini sudah ditandatangani Bupati Buru Selatan, Tagop S Soulisa. Dan desa yang berhak untuk mengikuti tahap selanjutnya yakni tingkat provinsi adalah desa yang menang dalam lomba desa ini," kata dia.

    Ia berharap dukungan dan partisipasi moril  pemerintah Kabupaten, lewat dinas terkait untuk mempersiapakn Desa Waehaka Kecamatan Leksula untuk mewakili Kabupaten Bursel  dalam lomba Desa tingkat Propinsi tahun 2018.  (KT-01)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Desa Waehaka Juara Lomba Desa Tingkat Kabupaten Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top