• Headline News

    Sabtu, 28 April 2018

    BPBD SBB GELAR SIMULASI BENCANA ALAM




    Piru, Kompas Timur.Com
    Simulasi Penanggulangan Bencana yang digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seram Bagian Barat yang bekerjasama dengan Polres Seram Bagian Barat, Satuan Pelopor Brimob Kompi C Seram Bagian Barat, Pihak Sekolah Dasar Negeri 1 dan SD Negeri 2 Piru. sekaligus memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana pada tanggal 26 April 2018 dengan tema Siap Untuk Selamat.

    Wakil Bupati Seram Bagian Barat Timotius Akerina,SE,M.Si, yang didampingi asisten II Setda SBB Ir.Rahadji Sagadji,MT, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Drs. Archiles A. Siahaya, AJ.AK, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten SBB serta para tokoh keagamaan.

    Wakil Bupati SBB Timotius Akerina dalam sambutannya mengatakan, bencana merupakan kondisi yang tidak dapat di tebak dan dihindari oleh manusia yang hidup di atas muka bumi, olehnya dengan memperingati hari kesiapsiagaan bencana secara serempak nasional di lakukan di seluruh wilayah Indonesia termaksut di Kabupaten Seram Bagian Barat saat ini.

    "Simulasi ini juga sangat membantu masyarakat agar mengantisipasi bencana yang yang menimpa kita, namun selaku mahluk hidup hanya bisa ikhtiar sewaktu bencana melanda kita " Ungkapnya

    Ditambahkannya Untuk itu Selaku pemerintah daerah Kabupaten SBB dengan adanya kegiatan simulasi tersebut sangat mendukung penuh tercapainya kegiatan di maksud dengan bekerja sama BPBD, kepolisian dan TNI serta stekholder terkait dalam pembentukan tim evakuasi penanganan bencana terutama bencana alam seperti halnya Gempa Bumi , Banjir dan lain – lainnya yang dapat menyebabkan hilangnya nyawa seseorang " Paparnya.

    Kepala seksi penanggulangan bencana Daerah Kab SBB Yohanes Manuputy S,Sos menurutnya, simulasi yang di gelar hari ini adalah untuk memperingati hari kesiap siagaan bencana alam yang secara nasional digelar diseluruh wilayah Indonesia terutamanya di Kabupaten Seram Bagian Barat dan ini di sampaikan secara resmi oleh mentri dalam negeri untuk memperingati hut hari kesiap siagaan tersebut jelasnya.


    Lanjutnya , tujuan dari pada kegiatan ini sendiri untuk mengajak masyarakat dalam mengantisipasi setiap bencana yang akan datang tanpa kita ketahui, pasalnya bencana yang sering datang melanda masyarakat  tidak dapat di tebak oleh manusia itu sendiri bahkan hadirnya bencana secara tiba – tiba" jelasnya.

    Dalam simulasi ini juga kita lebih terfokus pada penanganan gempa bumi dengan melibatkan pihak TNI / Polri yang menjadi target utama dalam simulasi kali ini ialah usia anak yang masih berada di bangku sekolah dasar,SMP dan juga tingkatan SMA atau sederajat yang sering kita jumpai terjadinya kepanikan saat berlangsungnya gempa bumi" tutupnya. (KT-MFS)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: BPBD SBB GELAR SIMULASI BENCANA ALAM Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top