• Headline News

    Kamis, 12 April 2018

    BKP SBT Menyelenggarakan Penguatan Analisa SKPG



    Bula SBT-Kompastimur.com 
    Dalam rangka untuk meningkatkan kapasitas rapat daerah dalam melaksanakan kegiatan Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi, Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) menyelenggarakan Penguatan Kapasitas Analisis Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG) Se-Provinsi Maluku di Gedung Serbaguna Dinas Kesehatan Kabupaten SBT pada Selasa, (10/04/18).

    Fachri Husni Alkatiri Wakil Bupati SBT membuka secara resmi Pertemuan Analisis Akses Pangan,  Analisis Sistim Kewaspadaan Pangan Dan Gizi, Tingkat Provinsi Maluku.

    Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh dinas ketahanan pangan Kabupaten SBT, bekerja sama dengan dinas ketahanan pangan Provinsi Maluku kegiatan tersebut dihadiri oleh Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten SBT, Kapolres SBT, Kepala Dinas dan Pejabat Eselon III dan IV Lingkup Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab Malteng, Buru, Kota Tual, MBD, MTB. SBB, Para Staf Ahli Bupati dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dalam Lingkup Pemerintah Kabupaten SBT.


    Dalam sambutanya, Wakil Bupati Fachri Husni Alkatiry menyampaikan pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh BKP SBT tersebut.

    “Atas Nama  Bupati Seram Bagian Timur Saya Menyambut Baik Dan Memberi Apresiasi Yang Sungguh Atas Pelaksanakan kegiatan pertemuan ini guna peningkatan kapasitas Aparat di masing-masing Kabupaten/Kota seprovinsi Maluku” kata Alkatiry.

    Dikatakanya, Pembangunan Ketahanan Pangan memerlukan penanganan secara terintegrasi dan saling bersinergi antar sektor/sub sektor, kemampuan kita sebagai Aparatur Pemerintah sangat dituntut untuk selalu peka terhadap segala kondisi yang terjadi.

    "Oleh sebab itu diperlukan upaya yang terarah dalam mewujudkan target capaian Pembangunan Ketahanan Pangan dan meningkatnya Diversifikasi Pangan dari tahun ke tahun dan menurunnya daerah Rawan Pangan” pungkasnya.

    Lanjut Alkatiry, SKPG merupakan suatu sistem pendeteksian secara dini dalam pengelolaan informasi tentang situasi pangan dan gizi masyarakat.

    "Analisis SKPG ini telah menjadi tugas pemerintah daerah, hingga bisa menghasilkan data dasar dalam perencanaan, penentuan kebijakan, koordinasi pelaksanaan program dan kegiatan penanggulangan kerawanan pangan dan gizi daerah. Diharapkan melalui berbagai upaya pembangunan ketahanan pangan di daerah, maka potensi kerawanan pangan dan gizi buruk dapat diatasi dengan baik" harapnya.


    Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten SBT Mirna Derlen, saat di wawancarai wartawan menyampaikan bahwa pertemuan analisis akses pangan dan analisis sistem kewaspadaan pangan dan gizi (SKPG) ini adalah pertemuan yang penting dan strategis, dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM, memperluas wawasan serta meningkatkan pemahaman dan kesamaan persepsi mengenai peningkatan situasi akses pangan maupun analisi sistem kewaspadaan pangan dan gizi dalam mencapai ketehanan pangan yang lebih baik.

    "Kalau kegiatan ini di lakukan di Kabupaten lain pasti kita hanya terbatas hanya tiga sampai empat orang yang bisa mengikuti kegiatan ini, tapi kegiatan ini di selenggarakan di SBT otomatis sebagian besar baik pesertanya yang sudah di tentukan empat orang dan seluruh SDM yang ada di Dinas dapat mengikuti kegiatan ini" kata Derlen.


    Kegiatan tersebut guna meningkatkan kapasitas pikiran staf Dinas Ketahanan Pangan sehingga dapat melakukan pendataan, dapat menganalisis, dapat mencari informasi guna mencari konsep ketahanan pangan di Daerah.

    "Untuk pangan lokal dikembalikan ke pasa apa yang kita miliki saat ini,  jangan kita mengada adakan sesuatu yang belum kita punya yang sudah biasa di konsumsi oleh masyarakat, yang sudah dimakan terbiasa di masyarakat,  yang kemudian menjadi potensi dan peluang yang ada di kabupaten yang dia tumbuh dan muda ada tinggal kita kembangkan dan di budidayakan yang pastinya adalah sagu sebagai makanan pokok selain itu tepung sagu kita jadikan sebagai anega ragam makanan lokal di daerah ini" harapnya. (KT-Rls)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: BKP SBT Menyelenggarakan Penguatan Analisa SKPG Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top