• Headline News

    Kamis, 12 April 2018

    Alkatiri Hadiri Pengukuhan Pengurus MUI SBT



    Bula, Kompastimur.com
    Sejumlah pengurus MUI Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) masa khidmat  2018-2023 dikukuhkan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Provinsi Maluku, Dr. Abdullah Latuapo, M.Pd.I di gedung aula kantor Kementrian Agama Kabupaten SBT yang dihadiri lansung oleh Wakil Bupati Seram Bagian Timur Fachri Husni Alkatiri, Selasa (10/04).

    Pengukuhan yang di awali dengan pembacaan Ayat suci Al-Qur’an oleh Ust. Husen Watimena dilanjutkan dengan laporan ketua panitia oleh M. Kurnia Batam, S.Sos., M.Si.

    Pada laporannya mengatakan kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan surat keputusan ketua MUI Provinsi Maluku Nomor : 01/XXXI/SK/2018 tanggal 15 Januari 2018 tentang pengukuhan pengurus MUI kab. SBT masa khidmat 2018-2023.

    Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Seram Bagian Timur, Ketua MUI Provinsi Maluku Dr. Abdullah Latuapo, M.Pd.I, Serkretaris MUI Provinsi Maluku Drs. H. A. H. Latua S. Wakapolres Seram Bagian Timur, Asisten II Bupati Seram Bagian Timur, ketua KNPI, Ketua OKP/I, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Serta pengurus MUI Kabupaten SBB.

    Mengawali sambutannya, Wabup Fachri Husni Alkatiri mengatakan, atas nama pemerintah daerah, kami menyambut baik dan memberi apresiasi yang sungguh atas terlaksananya pengukuhan pengurus MUI Kabupaten SBT. Hal ini merupakan langkah awal yang kongkrit didalam menata dan mengelola wadah ini sebagai ujung tombak segala persoalan keumatan.

    Ketahui bersama, peran, fungsi serta tanggung jawab ulama tidak akan pernah tergantikan. Para ulama dalam kedudukannya sebagai pemimpin informal di tengah masyarakat memiliki peran yang penting dan strategis, khususnya untuk memperkokoh sendi-sendi etika, moral dan spiritual kehidupan masyarakat.

    “Ulama memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan pencerahan, mencerdaskan dan membimbing umat. MUI Kabupaten Sbt harus mampu menyumbangkan pemikiran ide yang cemerlang dan mampu berkiprah dalam pembangunan khusunya pembangunan moral dan akhlak” ungkap Wabup.

    Alkatiri menambahkan, Sebagaimana dimaklumi bersama sesuai RPJMD Kabupaten SBT Tahun 2016-2021, bertujuan mewujudkan Seram Bagian Timur yang sejahtera mandiri dan berdaya saing berbasis sumber daya lokal.

    “Sejahtera yang dimaksud dalam RPJMD itu adalah sejahtera lahir dan batin,” ujarnya.

    Mengakhiri sambutannya Alkatiri juga berharap bengan kredibilitas dan integritas yang tinggi serta akhlakul karimah yang dimiliki seluruh ulama di daerah ini secara bersama sama terus membangun dan meningkatkan kualitas akidah dan moralitas masyarakat apalagi mayoritas masyarakat SBT ini merupakan pemeluk agama islam.

    “ Pemda optimis seluruh ulama di daerah ini mampu mengemban tugas yang tidak ringan tersebut,” Tutup Fachri

    Usai dikukuhkan ketua MUI Kabupaten Seram Bagian Timur, H. A. Malik Kilwouw, SH dalam kesempatan menyampaikan sambutannya mengatakan peran MUI SBT sangat Strategis untuk mendorong dan dan mengantarkan visi misi pemerintahan Kabupaten SBT yang unggul, sejahtera, mandiri dan bermartabat dilandasi oleh nilai2 Tawotu Wanuwea (Mari Berkumpul Untuk Membangun Negeri Ini).

    Untuk diketahui, sebelum dikukuhkan Pengurus MUI Kabupaten SBT, MUI pada tanggal 06 Februari telah beberapa waktu lalu melaksanakan Musyawarah Daerah (MUSDA) untuk memilih Kepengurusan MUI periode 2018-2023. (KT-Rls)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Alkatiri Hadiri Pengukuhan Pengurus MUI SBT Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top