• Headline News

    Selasa, 06 Maret 2018

    Tagop Lantik Pengurus Tim Pengerak PKK Bursel Periode 2016-2021



    Namrole, Kompastimur.com
    Bupati Buru Selatan Tagop Sudarsono Soulissa melantik pengurus Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Buru selatan (Bursel) periode 2016-2021 di audiotorium lantai dua kantor bupati, Senin (05/03).

    Kepengurusan ini dilantik dengan surat keputusan Bupati Nomor 265/47 Tahun 2018 tentang Pembentukan Pengurus Tim Pengerak PKK Kabupaten Bursel periode 2016-2021 dengan mempertimbangkan surat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku Nomor 08/Kep/PKK-PROMAL/VI/2016 tanggal 20 Juni 2016 tentang pengangkatan Safitri Malik Soulissa sebagai ketua tim penggerak PKK Kabupaten Bursel Periode 2016-2021.

    Bupati dalam kesempatan itu mengatakan bahwa PKK merupakan bagian dari mitra pemerintah dalam mendukung segala bentuk pembangunan untuk kemajuan kabupaten bursel dan kesejahteraan rakyat.

    “Kiranya dengan moment pelantikan ini, ibu-ibu pengurus tim PKK Kabupaten Bursel dapat lebih bersemangat guna mengembang amanah dengan baik serta mampu membawa PKK Kabupaten Bursel ke arah yang lebih baik, maju dan berhasil guna membatu pemerintah dalam proses pembangunan ,” ucap Tagop.

    Dirinya mengatakan PKK berperan penting dalam pemberdayaan ekonomi keluarga serta PKK adalah motor penggeraknya pembangunan.

    “Tujuan utama PKK adalah mewujudkan keluarga sejahtera yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian dan kesinambungan antara kemajuan lahir dan batin,” ucapnya.

    Ia menghimbau kepada pengurus PKK agar dapat memberdayagunakansegalah potensi, sehingga apa yang menjadi visi dan misi Tim PKK bisa tercapai dan keluarga yang menjadi sasaranya bisa menjadi sejahtera karena keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat namun mempunyai arti besar dalam pembangunan.

    Apabila semua keluarga dapat mewujudkan tata kehidupan yang sejahtera dan hormonis, menurut Bupati dua periode ini, tentu akan berimplikasi pada terwujudnya masyarakat Bursel dan Indonesia yang sejahtera.

    Namun menurut Tagop, hal yang menjadi tantangan adalah bagaimana membudayakan PKK sesuai dengan eksistensinya yakni merealisasikan sepuluh programnya yang meliputi penghayatan dan pengamatan pancasila, gotong royong, pangan, sandan, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan ketrampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, serta perencanaan yang.

    “Apabila sepuluh program pokok PKK tersebut sudah membudaya, maka PKK akan menjadi pilar yang kokoh dan tidak hanya berfokus pada kesejahteraan tetapi juga dapat menekan laju pertumbuhan dengan program keluarga berencana,” kata Tagop.

    Selain itu, Ketua KONI Bursel ini menjelaskan pengembangan berkoperasi PKK dapat menanamkan dasar demokrasi ekonomi bagi masyarakat. Disamping itu PKK juga mempunyai peranan penting dalam memperkenalkan strategi untuk mengembangkan usaha guna meningkatkan taraf hidup melalui pembinaan UP2K.

    Tagop mengatakan, harapan Pemda kiranya eksistensi PKK harus senang tiasa ada di tengah-tengah masyarakat untuk mendukung kinerja dan program pemerintah daerah, karena momentum pelantikan ini bukan hanya menjadi kegiatan seremonial saja, namun dapat menjadi wujud kebersamaan pemerintah dengan PKK dalam upaya mencapai visi dan misi bersama.

    “Makna yang terpenting adalah kerja sama PKK dengan Pemerinta Bursel dalam nuansa kerja keras yang cerdas untuk senang tiasa berkipra dan mewujudkan karya nyata dalam pembangunan untuk mencapai Masyarakat yang sejahtera dan Buru Selatan yang maju,” ucapnya.

    Sementara itu ketua PKK Safitri Malik Soulissa mengatakan, sebagai pengurus PKK dan bagian dari pemerintah akan berusaha mengimbangi pemerintah dalam mewujudkan segala program pemberdayaan dan pembangunan di Bursel.

    “ Bursel secara Infrastruktur sudah mampu namun secara pemberdayaan Bursel masih jauh dari harapan. Dan itu akan menjadi tangung jawab saya sebagai ketua dan pengurus PKK lainya,” kata Safitri.

    Anggota DPRD Maluku ini mejelaskan tidak ada kata terlambat untuk memberdayakan masyarakat bursel menuju kehidupan yang sejahtera.

    “Walaupun kita baru dilantik namun tidak ada kata terlambat untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera. Kita akan mengerakan segala potensi untuk mencapai visi dan misi kami,” ujarnya. (KT-02)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Tagop Lantik Pengurus Tim Pengerak PKK Bursel Periode 2016-2021 Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top