• Headline News

    Senin, 26 Maret 2018

    Rilis MSS, SANTUN Tempati Posisi Teratas

    Ambon, Kompastimur.com
    Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku akan segera dilangsungkan pada 27 Juni 2018 mendatang. Para pasangan calon hingga kini masih menjalankan proses kampanye dialogis sebagaimana yang telah dijadwalkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku.

    Seiring jalannya proses kampanye dialogis oleh pasangan calon, berbagai lembaga survey juga ikut gencar melakukan survey terkait perkembangan terkini tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku yang saat ini menjalani proses kampanye dialogis, yakni pasangan Said Assagaff-Andreas Rentanubun (SANTUN), Murad Ismail-Barnabas Orno (BAILEO) dan Herman Adrian Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT).

    Media Survei dan Strategi (MSS) yang baru saja merilis perkembangan terakhir, terkait dengan elektabilitas tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku. Dimana hasil temuan tersebut, MSS menyebutkan bahwa pasangan calon Said Assagaff dan calon wakilnya Anderias Rentanubun hingga kini masih berada pada posisi teratas dibandingkan dengan dua rivalitas politiknya di Pilgub Maluku.

    Berdasarkan data elekatbilitas yang disampaikan MSS kepada Kompastimur.com Minggu 25 Maret 2018, Assagaff-Anderis bertengger di angka 41.50 persen, Herman Adrian Koedoeboen-Abdullah Vanath 25.00 persen dan berada diposisi terakhir Murad Ismail-Barnabas Orno 13.40 persen. Dari hasil publik yang tidak menjawab sebesar 20.10 persen.

    Sementara tingkat pengenalan masyarakat, Pasangan SANTUN berada di angka 85.10 persen, krmudian dua pasang calon pesaingnya dengan angka rata-rata 60 persen sekian. “Dari sisi kinerja incumbent, masyarakat sangat menyukasi kinerja Assagaff dengan presentase 67.93 persen serta tingkat keberhasilan 69.30 persen,” ujar Direktur MSS, Husain Marasabessy.

    Husain mengungkapkan, pada sisi keamanan, pendidikan, pelayanan kesehatan, transportasi darat hingga infrastruktur pembangunan jalan, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah yang dipimpin Said Assagaff selaku Gubernur Maluku masih tetap berada pada kisaran 60 hingga 85 persen. Dimana, mayoritas publik menilai Said Assagaff sebagai Gubernur berpengalaman untuk memimpin Maluku lima tahun mendatang.

    Sementara dari pregmentasi mayoritas pendukung partai politik ke Said Assagaff, menurut Husain,  banyak partai yang memberikan dukungan terhadap pasangan calon tertentu bukan berarti banyak pendukung di arus bawah. Sebab, pilkada bukan memilih partai,  melainkan sosok figur yang dilihat. Hal ini terbukti dengan minimnya parpol dalam mendukung pasangan SANTUN.

    “Prinsipnya, mayoritas partai bukan variabel kemenangan. Pilkada itu soal jualan figur. Santun masih memimpin klasemen Pilkada Maluku dengan presentase 41.50 persen. Kemudian margin antara SANTUN dan HEBAT 16.5 persen, sementara margin antara HEBAT dan BAILEO 11.6 persen,” tandasnya.

    Dengan demikian, empat indikator yakni popularitas, kinerja incumbent, pengalaman serta mayoritas dukungan parpol, itu sangat memungkinkan pasangan SANTUN dalam memenangkan kontestasi Pilgub Maluku 2018 dengan persentase 41,50 persen,  kemudian disusul pasangan HEBAT dengan angka Persentase mencapai 25 persen. Sementara juru kunci yakni pasangan BAILEO dengan angka persentase 13 persen.

    Swing poters sebanyak 20.10 persen yang bakal direbut oleh ketiga pasangan calon tersebut pada sisa 93 hari menjelang pemilihan. Tentu dengan sisa waktu yang ada,  para pasangan calon harus betul-betul memanivestasikan secara optimal untuk meraih tambahan dukungan pemilih dan itu tergantung dari strategi dan upaya dari masing-masing tim pemenangan pasangan calon.

    "Karena, dengan sisa waktu yang ada, segala kemungkinan perubahan pasti terjadi, apakah tiga pasanga calon itu tetap pada posisi persentase yang ada, atau posisi persentasenya berubah, kita tunggu hingga 27 hari sebelum pemilihan berlangsung," paparnya. (KT-SH)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Rilis MSS, SANTUN Tempati Posisi Teratas Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top