• Headline News

    Kamis, 01 Maret 2018

    PT MMN Sosialisasikan Proyek Pembangunan Waai Town House



    Ambon, Kompastimur.com
    PT Maluku Membangun Negeri (MMN), Rabu 28/2/2018 bertempat di Pacific Hotel menggelar sosialisasi proyek Waai Town House dalam rangka untuk mengembangkan perekonomian di Maluku.

    Dalam sosialisasi tersebut, Komisaris Besar PT MMN, Lucas Pattinasarany menyampaikan, dibangunya proyek Waai Town House ini selain meningkatkan perekonomian di Maluku, juga membantu pemerintah daerah dalam aspek pembangunan.

    "Kita bangun proyek ini untuk memudahkan masyarakat bisa mendapatkan rumah tanpa harus memikirkan biaya yang tinggi. Karena kita tahu bahwa untuk membeli satu properti itu, tentu banyak hal yang harus dilewati. Sehingga dengan program ini, masyarakat lebih mudah membeli rumah dengan angsuran yang terjangkau," ujar Lucas.

    Soal lahan, kata Lucas, sudah disosialisasikan ke pemerintah negeri setempat maupun kepada masyarakat, sehingga tidak ada masalah. "Saat ini sedang dalam proses di BPN wilayah Maluku, karena kita ingin lahan untuk pembangunan proyek itu nantinya aman, agar masyarajat pun tidak dirugikan nantinya dalam pembebadan lahan," katanya.

    Katanya, lahan yang akan digunakan untuk membangun proyek tersebut akan dilakukan secara bertahap. Dimana untuk tahap pertama akan menggunakan lahan seluas 60 hektar dari total keseluruhan 150 hektar dengan anggaran 450 miliyar. Untuk 60 hektar itu nantinya akan dibangun 4.000 rumah.

    "Alasan kita memilih Desa Waai untuk program tersebut karena kawasannya strategis, dinana desa Waai merupakan salah satu sentral ekonomi kedepan. Karena merupakan kawasan perpaduan anatara Kabupaten Maluku Tengah dan Kota Ambon," jelasnya.

    Dikatakannya, masyarakat saat ini sangat membutuhkan rumah. Oleh sebab itu, dengan adanya proyek ini diharapkan dapat juga membawa angin segar untuk masyarakat khususnya juga bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) karena persyaratannya sangat mudah, yakni hanya berupa KTP, KK kemudian dilakukan survey ke rumah yang sebelumnya ditempati, bahwa apa benar mereka membutuhkan rumah atau tidak, dan itu sesuai dengan kemampuan.

     "Jadi itu juga berlaku pada masyarakat berpenghasilan rendah, seperti tukang becak juga bisa dengan angsuran per hari menyetor 40 ribu. Sementara untuk yang lainnya itu angsurannya sesuai dengan klasifikasi kemampuannya," jelasnya.

    Dijelaskan, ada 3 tipe rumah yang akan dibangun, yakni tipe 30, 40 dan tipe 65. Yang mana, untuk type 30 itu cicilannya per bulan Rp.1.300.000 selama 20 tahun. Kalau untuk type 40, cicilannya Rp. 1.850.000 selama 20 tahun. Sedangkan untuk tipe 65, itu akan dibangun 300 unit yang diprioritaskan kepada maayarakat bawah.

    "Kami telah melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat, baik dengan Bupati Malteng, Pak Tuasikal Abua dengan melakukan konsultasi langsung. Sementara ini kita masih dalam proses konsultasi dengan pihak BPN. Nanti setelah itu, akan kita urus ijin prinsip, dan ijin-ijin selanjutnya," tandasnya. (KT-SH)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: PT MMN Sosialisasikan Proyek Pembangunan Waai Town House Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top