• Headline News

    Selasa, 13 Maret 2018

    Pemda Bursel Gelar Sosialisasi Saber Pungli



    Namrole, Kompastimur.com
    Pemerintah Kabupaten Buru Selatan melalui Inspektorat, Senin (12/03) menggelar sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) dalam rangka mencegah terjadinya pungutan liar (Pungli) di Kabupaten Buru Selatan (Bursel), dengan menghadirkan pemateri dari Polres Buru.

    Terlihat dalam sosialisasi yang di hadiri oleh Kepala Dinas dilingkup Pemda Bursel bersama bendahara ini juga turut di hadiri oleh unsur TNI/ Polri dan undangan lainnya, dimana kegiatan ini berlangsung di Audiotorium Lantai dua kantor bupati.

    Sekda Bursel Syahroel Pawa dalam sambutannya mengatakan, bahwa tujuan pelaksanaan sosialisasi saber pungli ini dalam rangka memberikan pemahaman kepada semua orang tentang apa itu saber pungli dan bagaimana cara penanganannya.

    “Dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang bersih, jujur, adil dan guna peningkatan kehidupan berbangsa dan bernegara, maka sosialisasi ini dipandang perlu dilakukan untuk mencegah Pungli yang mulai menampakan diri di kabupaten yang sama-sama kita cintai ini,” kata Pawa.

    Dengan dibentuknya Satgas Saber Pungli beberapa waktu lalu, maka hal-hal yang berhubungan dengan pungutan-pungutan yang tidak resmi akan segera ditiadakan. Sehingga dengan keterpaduan organisasi dan kerja sama dari semua pihak diharapkan operasi pemberantasan pungli dapat berjalan efektif.

    “Semangat pemberantasan pungli bukan hanya faktor kerugian negara akan tetapi faktor kebiasaan-kebiasaan yang tidak jujur yang harus dihilangkan,” katanya.

    Dalam kesempatan itu, Pawa menghimbau kepada semua pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Bursel untuk selalu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya tanpa ada pungutan dalam bentuk apapun seraya berharap kepada seluruh lapisan masyarakat di Bursel untuk berperan aktif dengan melaporkan kepada aparat penegak hukum apabila ada pungli.

    “Laporkan ke penegak hukum apabila ada oknum aparat pemerintah yang melakukan pungutan liar. Karena perlu saya tegaskan bahwa dalam rangka mewujudkan pemerintah yang baik (Good Governace) dan pemerintahan yang bersih (Clean Governace) merupakan cita-cita bersama untuk membangun Bursel ke arah yang lebih baik,” tegasnya.


    Sementara Ketua Tim Saber Pungli Wakapolres Buru yang di wakili oleh Kasat Bimas Polres Buru Iptu Semy Lainata menuturkan Satgas Saber Pungli bertugas sebagai tenaga preventor karena tugas utamanya memberantas Pungli.

    “Tim saber pungli harus menjadi pencegah dan pemberantas pungli di masyarakat,” kata Lainata.
    Disamping itu, menurutnya tugas Tim Saber Pungli yaitu harus melakukan sosialisasi ke wilayah-wilayah sehingga tidak terjadi pungli yang selama ini meresahkan masyarakat.

    Dirinya menerangkan visi dari satgas yakni membangun sistem pemberantasan dan pencegahan pungli, termasuk didalamnya adalah meningkatkan pelayanan kepada publik dengan sistem transparasi.


    “Kita memiliki sasaran utama yaitu sentra pelayanan umum termasuk wilayah penegakan hukum, bagian perizinan, kepegawaian, pengadaan barang dan jasa, dan tempat-tempat lainnya yang di anggap rawan kegiatan pungli terjadi,” jelas Perwira Polisi berpangkat dua balok ini. (KT-02)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Pemda Bursel Gelar Sosialisasi Saber Pungli Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top