• Headline News

    Senin, 26 Maret 2018

    Ketua DPD KNPI SBT Minta Pemda Tingkatkan Siaga Banjir



    Bula-SBT, Kompastimur.com
    Ketua Organisasi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Rusdi Rumata  meminta pemerintah melalui Dinas terkait untuk meningkatkan kesiagaan menangani bencana banjir  yang terjadi di kota Bula saat musim hujan tiba.

    Demikian kata Rusdi Rumata menyusul terjadinya musibah banjir di Ibu Kota Bula saat DPD KNPI SBT memantau lansung di perumahan warga saat banjir berlangsung di akibatkan curah hujan tinggi.

    Kami minta Pemerintah harus bergerak cepat,  kepada Pemerintah Kabupaten SBT melalui instansi terkait, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Badan Lingkungan Hidup dan Dinas PU Kabupaten SBT dinas ini harus di evaluasi Bupati secara khusus untuk kedepanya memperioritaskan program masyarakat  yang menguntungkan daerah ini kedepan nantinya agar dinas tersebut juga terus pro aktif dalam menangani musibah banjir yang saat ini terjadi di kota Bula saat ini," ungkap Ruamata kepada wartawan Minggu malam, (24/03)

    Politisi muda Partai Demokrat ini mengungkapkan, kesiapan pemerintah tidak hanya pada penanganan saat bencana terjadi akan tetapi penangananya sebelum banjir terjadi.

    Dirinya berharap pemerintah segera berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan Lingkungan Hidup dan Dinas PU dan Dinas terkait lainya untuk melakukan antisipasi guna menghindari adanya banjir di kota minyak Bula  ini, karena sudah pasti akan menimbulkan kerugiaan yang besar saat bencana banjir berlangsung.

    Diketahui, akibat curah hujan tinggi hampir semua titik di Kota Bula terendam banjir, seperti di Jalan Baru Kantor KPU dan sekitarnya, Kelapa Dua,  Lorong Waigondal, Desa Bula Air tansi Ambon dan titik lainya yang ada di kota minyak tersebut.

    Salah satu titik Banjir yang terjadi yakni di lorong Mufakat  terjadi akibat meluapnya salah satu sungai yakni, sungai waigondal sehingga luapan air merendam puluhan rumah warga.

    "Masyrakat yang tinggal di daerah aliran sungai dan tebing agar terus waspada, khususnya bagi warga yang mendiami daerah sekitar sungai waigondal, rawan terjadi musibah  banjir,” ajak Rumata.

    Selain meminta Pemda bereaksi cepat, ia juga meminta kepada Pemda SBT melalui instansi terkait untuk terus bekerjasama untuk melakukan pemetaan terhadap wilayah banjir di seluruh wilayah Bula serta bertindak cepat menangani musibah banjir di kota Bula.


    "Untuk Dinas Lingkungan Hidup, Badan Penanggulangan Bencana dan juga Dinas PU yang di dalamnya ada satu bidang yang mengatur tentang tata kota, intinya program yang di buat itu jangan asal-asalan. Hal ini harus di perioritaskan guna menyelesaikan masalah banjir di ibu kota bula saat ini,” ujarnya.

    Dengan adanya banjir di Kota Bula dari DPD KNPI SBT langsung turun lapangan dalam memantau titik-titik yang menjadi daerah rawan banjir saat ini.

    "Banjir ini jangan lagi di tunggu perintah Pak Bupati Baru dinas terkait turun tangan ketika hal ini di biarkan terus maka akan berdampak pada masyarakat yang tinggal dan bermukiman di Kota Bula saat ini,” ucapnya.

    Pemda SBT kata Rumata, harus mengusahakan anggaran ke pemerintah pusat, dan provinsi  dalam menangani masalah banjir ini. Ketika musim hujan tiba, kata Rumata, sebagian besar wilayah ini terendam air. Selain debit air yang cukup besar akibat curah hujan, juga sistem drainase yang buruk bahkan ternyata ada pula sebagian wilayah yang sama sekali belum ada drainasenya.

    "Masalah saat ini di kota bula sendiri, kalau hujan, pasti terjadi banjir di desa-desa karena daya tampung drainase sangat kecil," pungkasnya. (KT-Rls)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Ketua DPD KNPI SBT Minta Pemda Tingkatkan Siaga Banjir Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top