• Headline News


    Saturday, March 31, 2018

    Fahri: Kasus Intimidasi Itu Diluar Kendali Said Assagaff

    FOTO : Calon Gubernur Maluku Nomor Urut 1, Said Assagaff usai berkampanye di Alun-Alun Kota Namrole pekan lalu.

    Ambon, Kompastimur.com
    Fahri Bachmid, S.H.,M.H, Ketua Tim Hukum & Advokasi Calon Gubernur Maluku Nomor Urut 1, Ir. Said Assagaff mengaku bahwa insiden intimidasi yang terjadi di Rumah Kopi Lela, Kamis (19/03) adalah sesuatu yang tidak dikehendaki oleh semua pihak.

    Menurut Fahri, pihaknya sangat prihatin dan menyayangkan atas kejadian/peristiwa tersebut.

    “Hal tersebut berlangsung secara spontan yang didasarkan atas kesalah pahaman, itu adalah reaksi masyarakat yang barangkali kurang begitu proporsional dalam menyikapi informasi sekaitan dengan aktivitas minum kopi di warung kopi tersebut, sehingga secara spontanitas ada reaksi dan terjadi insiden itu,” kata Fahri dalam rilisnya yang diterima Kompastimur.com, Sabtu (31/03).

    Kata Fahri, insiden itu terjadi diluar kendali Calon Gubernur Maluku, Said Assagaff yang kebetulan sedang menikmati sajian kopi di rumah kopi tersebut.

    “Hal itu adalah diluar kendali Cagub Maluku Bapak Ir. Said Assagaff yang secara kebutulan lagi beristirahat sambil minum kopi di tempat itu, beliau juga sangat menyanyangkan serta prihatin yang mendalam atas peristiwa tersebut,” ucapnya

    Ia menjelaskan bahwa Ir. Said Assagaff adalah tokoh yang paling menghargai profesi jurnalisme.

    “Karena menurut hemat kami Pers adalah mitra strategis dalam pembangunan daerah, dan selama ini hubungan kemitraan antara Pers dengan Pemprov Maluku dibawah kepemimpinan Bapak Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff berlangsung dalam iklim yang kondusif dan konstruktif, karena kami sadar betul peran dan eksistensi Pers dalam konstribusi aktifnya dalam mengakselarasi program-program pemerintah,” katanya.

    Lanjut Fahri, pihaknya sangat pro atas kebebasan Pers sebagaimana dijamin dalam konstitusi dan UU RI Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

    “Atas kesalahpahaman ini, maka saat ini kami telah secara intens melakukan komunikasi yang baik dengan korban untuk menyelesaikan persoalan tersebut secara bermartabat dengan senantiasa mengedepankan prinsip Hak Asazi Manusia,” ungkapnya.

    Pihaknya sadar benar hakikat penghormatan atas pribadi maupun institusi Pers, dan berharap agar persoalan tersebut didudukan secara kontekstual dan bebas dari anasir-anasir politis.

    “Sebab, Maluku saat ini sedang memasuki momentum politik, yaitu Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, sehingga tidak ada pihak lain yang memboncengi masalah ini,” cetusnya.

    Mengenai langkah Pelaporan kepihak kepolisian, tambah Fahri, kami sangat menghargai proses/langkah tersebut.

    “Sebagai warga negara yang baik, siapapun sama di mata hukum (equality before the law) dan kami sangat menghargai itu, kami menghargai proses hukum,” tuturnya. (KT-01)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Fahri: Kasus Intimidasi Itu Diluar Kendali Said Assagaff Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top