• Headline News


    Friday, February 23, 2018

    Sekwil PSI Maluku Kecam Pernyataan Edison Betaubun



    Ambon, Kompastimur.com 
    Kecaman bertubi-tubi datang dari berbagai pihak perihal peryataan dari Seorang angoota DPR RI Edison Betaubun yang dinilai memperkeruh suasan jelang Pemilihan Gubernur Maluku - Wakil Gubernur Maluku Juni mendatang.

    Kecaman yang kali ini datang dari kantor sekretariat wilayah (Sekwil) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Maluku, dimana kecaman tersebut di sampaikan Farham Suneth yang adalah Sekwil PSI maluku  Bahwa apa yang disebutkan Edison Betaubun dalam pernyataannya itu sangatlah tidak etis.

    "Kita melihatnya, pak Edison seperti kompor gas yang rusak dan siap meledakan kota Ambon. Kita tahu bersama, tahun ini tahun politik. Yang disampikan Pak Edison sunggu sangat kami sesali," ungkap Suneth.

    Dijelaskan, selama ini pihaknya (PSI Maluku) sedang getol-getolnya mengkapanyekan politik sehat, politik Milineal yang kaya akan makna toleransi untuk sebuah perubahan. Namun justru seorang politisi dan juga seorang Anggota DPR-RI malah menyuarakan hal yang sifatnya provikasi berbau SARA.

    "Kami mengecam pernyataan Pak Edison. Politis sekelas beliau mestinya lebih bisa menginsyafi etika politik," tegas Suneth.

    Dirinya mengaku dalam pemaparan sambutan dan orasi politik di pada pertemuan akbar beberapa waktu dengan tim SANTUN, ditemukan sejumlah peryataan tidak etis. Satu diantaranya, mengkambing hitamkan lawan politik lain juga sejumlah tokoh yang ada di Maluku.

    "Ini sungguh tidak elok. Secara kelembagaan, dari kantor sekretarit wilayah PSI kami merasa visi menularkan keberagaman, membagikan DNA kebaikan dan meperteguh solidaritas sebagai jalan juang anak muda Maluku telah diobok-obok dalam ruangan istimewa itu beberapa waktu lalu," sebut Suneth.

    Apalagi Pernyataan Edison Betaubun, kata Alumnus Magister Sosiolog Universitas Pattimura ini menyinggung serta terkesan melecehkan Gereja Protestan Maluku (GPM).

    “Menggiring GPM, dan ketua Sinode dalam konteks perpolitikan di Maluku sungguh menujukan kebobrokan etika. Sungguh menyedihkan," keluhnya.

    Ketegasan Suneth pun terlayangkan kepada lembaga pemantau pemilu, baik KPU maupun Panwas. Dikatakan, Panwas mestinya ada dan memberikan peringatan tegas terhadap yang disampikan politikus Edison Betaubun. Hal ini sungguh menganggu nafas hidup orang sudara di Maluku. Hal ini sungguh bertolak belakang dengan kapanye politik sehat oleh Panwas Provinsi Maluku.

    Menutup keterangnnya, Suneth menghimbau, masyarakat tidak terpancing isu murahan yang di sampaikan Edison Betaubun.

    "Masyarakat harus konsisten dan jadikan pilihan politik sebagai hak privasi. Tidak pula menjadikan hal ini sebagai peretak persatuan orang basudara," pungkasnya

    Seperti yang diketahui bersama, pernyataan Wakil Rakayat di senayan itu menyampaikan pidato politiknya di arena rapat koordinasi tim pemenang Said Assagaf - Andre Rentanubun. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh partai Golongan Karya yang saat ini tengah di Nahkodai  Said Assagaff. (KT-Rls)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sekwil PSI Maluku Kecam Pernyataan Edison Betaubun Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top