• Headline News

    Senin, 26 Februari 2018

    Izaac M Tulalessy Terpilih Pimpin PWI Maluku

    FOTO : Ketua PWI Provinsi Maluku terpilih, Izaac M Tulalessy (Kanan) saat menerima Pataka PWI dari Pengurus PWI Pusat, Atal Depari.

    Ambon, Kompastimur.com
    Eks Redaktur Pelaksana Media Harian Siwalima, Izaac M Tulalessy akhirnya terpilih sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Maluku periode 2018-2023 dalam Konfrensi PWI Provinsi Maluku yang digelar di Hotel Marina – Ambon, Sabtu (24/2).

    Tulalessy yang juga Ketua SIWO PWI Provinsi Maluku itu berhasil mengalahkan Pemimpin Redaksi Harian Rakyat Maluku Drs. Ahmad Ibrahim. Dimana, Tulalessy berhasil unggul dengan 58 suara dan Ibrahim harus puas dengan capaian 39 suara dari total 97 suara wartawan yang memiliki hak suara dalam Konfrensi itu.

    Dengan capaian hasil tersebut, Tulalessy akhirnya dipercayakan memimpin PWI Provinsi Maluku lima tahun mendatang menggantikan Fredom Toumahuw selaku Plt Ketua PWI Maluku pasca meninggalnya Roby Sajori.

    Dimana, dalam Konfrensi itu, Toumahuw tidak bersedia lagi untuk maju sebagai Calon Ketua PWI Provinsi Maluku kendati memiliki dukungan yang cukup kuat.

    FOTO : Ketua PWI Provinsi Maluku terpilih, Izaac M Tulalessy (Kanan) dan Calon Ketua PWI Drs. Ahmad Ibrahim (Kiri).
    Tak hanya Toumahuw, sejumlah Pengurus PWI Provinsi Maluku lainnya yang memenuhi syarat dalam hal mengantongi Kartu Anggota Utama PWI pun tak bersedia mencalonkan diri, seperti Moctar Touwe, Selvianus Letekay, Petrus Oratmangun dan Jonathan Madiuw.

    Sedangkan, Ahmad mengaku awalnya tak bersedia maju, tetapi karena diminta oleh sejumlah wartawan, akhirnya bersedia maju. Sedangkan, Tulalessy dalam kesempatan itu, tanpa panjang lebar langsung menyatakan kesediaannya untuk mencalonkan diri sebagai Calon Ketua.

    Sementara, dalam proses Kongres yang dimulai pukul 10.00 WIT dan dibuka langsung oleh Sekda Provinsi Maluku Hamin Bin Taher dan dihadiri oleh Pengurus PWI Pusat Atal Depari itu, sejumlah wartawan yang hanya mengantongi Kartu Anggota Madya seperti Hein Pohwain pun berkeinginan maju dalam kontestasi itu. Hanya saja, Hein tak memenuhi syarat kendati sejumlah wartawan telah menyuarakan agar ada kebijakan sehingga rekan-rekan yang hanya mengantongi Kartu Madya bisa mencalonkan diri.

    Pasca terpilihnya Tulalessy, dalam Konfrensi yang di pimpin oleh Ketua PWI Maluku Yuslan Idris, Ketua PWI Buru Lili Ohorella dan Pengurus PWI MTB Simon Lololuan itu, Tim Formatur pun langsung dibentuk dan diketuai oleh Tulalessy.

    Dimana, Tim Formatur itu harus sekurang-kurangnya tiga orang dan Atal Depari dari PWI pusat pun diakomodir dan ada usulan dari peserta Konfrensi untuk mengakomodir Ketua Demisioner Fredom Toumahuw.

    Namun, kemudian ada usulan dari para peserta juga agar Tim Formatur beranggotakan lima orang. Dimana, pasca mendengar usulan itu, Tulalessy pun membuka ruang kepada para peserta untuk memberikan usulan yang tentu saja dengan tidak mengabaikan rekan-rekan peserta dari daerah kabupaten/kota serta satu lagi dari perwakilan perempuan.

    Atas usulan itu, nama Ketua PWI Buru Lili Ohorella pun sempat disebutkan untuk masuk dalam struktur Formatur itu, hanya saja Ohorella buru-buru langsung menolak tawaran itu dengan alasan bahwa Ketua Demisioner dan Ketua Terpilih memiliki Back Round Media Harian Siwalima dan akhirnya posisi formatur tersebut digantikan oleh Pengurus PWI MTB Simon Lololuan  dan keterwakilan perempuan pun diisi oleh Devi Bin Umar.

    Sementara itu, dari pantauan Kompastimur.com, kendati proses Konfrensi tersebut turut diwarnai dengan berbagai dinamika dan aksi interupsi, tetapi proses Konfrensi itu bisa berjalan lancer dan berakhir pada pukul 20.00 WIT. Dimana, Konfrensi ini pun tak dihadiri oleh Sekretaris PWI Maluku, Hanafi Holle yang sudah tak aktif sejak pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) di Kota Ambon. (KT-01)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Izaac M Tulalessy Terpilih Pimpin PWI Maluku Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top