• Headline News


    Tuesday, January 2, 2018

    Tebing Air Panas Nif, Salah Satu Surga di SBT


    Bula-SBT, Kompastimur.com
    Suasananya Sangat Alami Karena Bersanding Dengan Tebing Yang Penuh Pepohonan, Objek Wisata  Air Panas Nif merupakan obyek wisata alam yang sudah lama diminati masyarakat. Tak hanya memancarkan aura keindahan dan kesejukan, namun lokasi ini juga menyimpan cerita batu peninggalan yang banyak diyakini mengandung nilai mistis. Air Panas Nif berada di jalan lintas Seram dengan jarak tempuh sekitar 6 KM dari Kota Bula Ibu kotakabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

    Selain merupakan tempat rekreasi yang menyenangkan, air panas di obyek wisata ini dipercaya berguna untuk penyembuhan berbagai penyakit kulit. Di lokasi ini terdapat kolam-kolam pemandian air panas. Bentuk kolamnya memang sederhana, dan di dalamnya ada gua dan bebatuan yang sangat indah alam yang ada di sekitarnya sangat asri bersanding dengan tebing-tebing yang ditumbuhi pepohonan. Dengan adanya perpaduan ini, suasana di air panas nif sangat alami.

    Untuk panasnya kolam ini bisa dibilang tidak terlalu panas sehingga membuat Anda betah untuk berlama-lama berendam, hanya bagian-bagian tertentu dari sudut-sudut kolam ini yang memiliki suhu airnya yang cukup panas, karena berdekatan dengan sumber mata air panas. Berendam di dalam kolam air panas sungguh memberikan relaksasi yang luar biasa. Setelah berendam tubuh Anda serasa segar kembali, letih dan capek pun hilang seketika.

    Objek wisata yang mulai di kenal oleh masyarakat luar sejak  tahun 2010 yang lalu ini sangat diminati masyarakat karena menawarkan daya tarik tersendiri. Selain cocok untuk liburan keluarga, tempat ini juga cocok untuk sarana refreshing remaja dan anak-anak.


    Akses menuju  Air Panas Nif tidaklah sulit karena letaknya hanya berjarak sekitar kurang lebih 1 kilometer dari Jalan Lintas Seram. Bila Anda memulai dari Kota Bula jarak yang ditempuh sekitar 5 kilometer dan memakan waktu perjalanan lebih kurang 1 jam. Anda yang ingin berkunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Panorama alam yang indah dan udara yang sejuk di sepanjang perjalanan menuju lokasi membuat perjalanan liburan anda menjadi kenangan yang tak terlupakan.

    Kabupaten SBT sendiri dikenal dengan wisata budaya dan sejarahnya, seiring dengan munculnya peradaban besar di Kabupaten bertajuk Ita Wotu Nusa tersebut. Namun ada tempat wisata yang sangat menarik karena keunikannya. Air Panas Nif  tempat wisata ini terbentuk dari fenomena alam. Tebing air panas Nif ini tersusun dari batu-batuan yang berwarna putih.

    Warna putih tersebut berasal dari hidrogen karbonat dan kalsium yang terkandung dalam air panas. Akibat kandungan dalam air panas yang selalu meningkat ini, lama-kelamaan lokasi keluarnya air panas ini membentuk lapisan kapur putih menyerupai air terjun beku.

    Situs wisata tebing sungai Nif ini mengandung air panas dan travertine, mineral karbonat yang ditinggalkan oleh air yang mengalir.


    Di air panas sungai Nif seperti di katakan tadi di atas bahwa kita bisa dengan mudah menemukan kolam air panas alami yang bisa digunakan untuk berendam. Salah satu tempat untuk beredam yang berada di tengah-tengah tebing yang sering di jadikan kolam renang kesehatan oleh pengunjung yang datang ke tempat ini.


    Daya tarik wisata air panas nif yang paling kuat adalah tebing putihnya yang terbentuk dari kandungan air  panas, yang kemudian membeku dan membentuk seperti air terjun beku. Kecantikan inilah yang sukses menjadikan sungai Nif (Air Panas Nif) sebagai tempat pemberhentian yang wajib para wisatawan nikmati. (KT-Rls, Baim Abdullah Rumadaul)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tebing Air Panas Nif, Salah Satu Surga di SBT Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top