• Headline News

    Kamis, 04 Januari 2018

    Pak Kapolri, Kapan Pace Petrus Jadi Kapolda Papua Barat ?

    FOTO : Kepala Suku Pegunungan Tengah di Wilayah Papua Barat Dangu Wea 

    Manokwari, Kompastimur.com
    Sesuai undang-Undang Otonomi Khusus (Otsus)  yang mengamanahkan Orang Papua menjadi tuan di Negerinya,  terutama dalam menduduki jabatan pemerintahan daerah maupun jabatan vertikal seperti TNI dan Polri di Wilayah Papua Barat. 

    Kapolri Jendral Tito Karnavian saat berkunjung ke Manokwari Tahun 2017 lalu pernah berjanji akan menempatkan anak asli Papua untuk menjabat sebagai Kapolda Papua Barat,  saat itu mantan Wakil Kepala Kepolisia  Daerah (Wakapolda)  Kombes Pol Petrus Waine merupakan kandidat yang digadang-gadang sebagai Kapolda oleh Pimpinan Institusi Polri. 

    Hal ini kemudian dipertanyakan oleh Kepala Suku Pegunungan Tengah di Wilayah Papua Barat Dangu Wea yang mengatakan, sudah saatnya Polda Papua Barat dijabat oleh putra Papua yang memiliki pangkat dan golongan yang memenuhi syarat. 

    "Pak Petrus Waine ini kan Putra Papua yang punya pangkat sudah memenuhi untuk menjabat Kapolda,  ini harus kita ingatkan lagi kepada pak Kapolri," kata Kepala Suku Pegunungan Tengah Dangu Wea kepada Kompastimur.com, Kamis (4/1).

    Lanjut Wea,  sebagai penghargaan bagi putra-putri Papua di institusi kepolisian dengan landasan Otonomi Khusus bagi Papua dan Papua Barar hal ini seyogyanya Pimpinan Kepolisian memberi ruang itu.

    "Kalau di TNI itu Pangdam Kasuari dijabat oleh Putra Papua,  kenapa di Polri tidak bisa,  padahal ada beliau Pak Petrus sudah layak jadi Kapolda," tuturnya. 

    Hal senada juga disampaikan Direktur LP3BH Manokwari,  Yan Cristian Warinussy. Kata Yan,  mengingatkan kembali janji Kapolri kepada Gubernur Papua Barat agar menempatkan Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat dari Putra Papua.

    "Saat itu Gubernur menelpon saya mengatakan bahwa janji Kapolri kepadanya untuk menempatkan Pak Petrus ini sebagai Kapolda Papua Barat dalam waktu 6 Bulan," kata Warinussy.

    Lanjutnya,  tapi untuk kepentingan kenaikan pangkat,  Petrus Waine saat itu menjabat Wakapolda,  ditarik dulu ke Jakarta sebab pangkatnya saat itu belum mencapai Brigadir Jendral (Brigjen).

    "Waine ditarik ke Jakarta untuk dinaikan pangkatnya menjadi Brigjen dulu baru kemudian dia dipromosikan menjadi Kapolda di Papua Barat," kata  Warinussy. 

    Berdasarkan UU 35 Tahun 2008 untuk menduduki jabatan Kapolda di Wilayah Papua Barat harus dibutuhkan pertimbangan  dari Gubernur, pertimbangan ini bukan hanya dilihat dari secarik kertas namun juga penting bagi Putra Papua yang berkarir sebagai Bhayangkara Negara dan memiliki segudang pengalaman mengisi jabatan-jabatan strategis. (KT-ARA)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Pak Kapolri, Kapan Pace Petrus Jadi Kapolda Papua Barat ? Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top