• Headline News

    Jumat, 05 Januari 2018

    Nama Anggota KPU Bursel Ikut Dicatut Dukung HEBAT


    Namrole, Kompastimur.com
    Tim Pasangan Calon (Paslon) Independen Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT) diduga telah mencatut anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buru Selatan (Bursel) Benonny Solissa sebagai salah satu pendukung HEBAT. Padahal, Benony tidak pernah memberikan dukungan kepada HEBAT.

    “Pak Benony pung saja ada lagi. Tim (HEBAT-red) kerja tidak jelih itu, tim tidak tahu, tim tidak inventarisir nama-nama anggota KPU,” kata Ketua KPU Bursel Said Sabi kepada Kompastimur.com, Jumat (5/1) sambil tertawa karena merasa lucuh dengan kerja Tim HEBAT tersebut.

    Sabi mengaku bahwa Benony tidak mungkin memberikan dukungan kepada pasangan HEBAT, sebab Benony adalah penyelenggara yang cukup paham akan aturan.

    Namun, yang terjadi, tanda tangan Benony diduga sengaja dipalsukan oleh oknum-oknum tertentu dari pihak HEBAT.

    “Beliau pung tanda tangan kan lain, tapi yang ada itu tanda tangannya seperti buah mangga begitu. Dong seng takut paskali orang-orang ini,” ucapnya.

    Walau begitu, Sabi mengaku bahwa Benony kemungkinan belum mengetahui akan hal itu dan belum mengetahui secara pasti apa respon Benony nantinya, mengingat Benony diduga masih berada di Kecamatan Fena Fafan yang tidak ada jaringan Telkomsel sehingga belum bisa dikonfirmasi.

    “Beta telepon Pak Benony tapi beliau ada di kampong Tahun Baru dan belum turun kappa, kalau beliau turun belum tahu beliau mau bilang apa lagi,” terangnya.

    Tak hanya Sabi, Kompastimur.com yang coba menghubungi Benony via telepon seluler pun ternyata tak bisa dihubungi.

    Sabi mengaku bahwa jika namanya dicatut seperti yang dialami oleh Benony, maka pihaknya tetap akan memprosesnya sesuai hukum yang berlaku.

    “Beta bilang untung beta kosong, kalau beta pung ada lagi, beta lapor di Polda Maluku saja supaya tapareko,” paparnya.

    Sabi menjelaskan bahwa jadwal rekap dan pleno hasil verifikasi faktual baru akan dilakukan oleh KPU pada Minggu (7/1), sementara pada PPK di tiga Kecamatan, yakni Kepala Madan, Leksula dan Ambalau akan dilakukan Jumat (5/1) dan Sabtu (6/1).

    “KPU pung jadwal tanggal 7, di PPK pung tanggal 5 dan 6. PPK Kecamatan Kepala Madan dan Kecamatan Ambalau sebentar sore. Untuk Kecamatan Leksula, saya belum terima laporan, mungkin besok. Kalau di Namrole tidak ada,” terangnya.

    Dirinya menjelaskan lagi, verifikasi factual yang dilakukan terhadap dukungan HEBAT itu tersebar hanya pada delapan desa di Kabupaten Bursel, yakni dua desa di Kecamatan Ambalau yaitu Desa Ulima dan Lumoy, di Kecamatan Leksula yakni di Desa Leksula dan di Kecamatan Kepala Madan itu diantaranya di Desa Waepandan dan Walbele.

    Disinggung apakah ada masalah yang ditemui dalam proses verifikasi yang dilakukan, Sabi mengaku bahwa memang pihaknya belum merekab pada tingkat PPK hingga KPU, namun saat turun ke lapangan, memang didapati banyak masyarakat yang kaget dan mengkomplain nama dan dokumen mereka dicatut sebagai pendukung HEBAT.

    “Banyak masyarakat yang complain karena tiba-tiba dokumen itu ada. Sebab selama ini dong kasih dukungan ke TOP-JOS, tapi kenapa tiba-tiba dokumen ini datang. Katong juga jawab tidak tahu, Tanya ke Tim atau Penghubung, kenapa ada,” ujarnya.

    Terkait itu, pihaknya telah menyarankan kepada masyarakat, jika tidak pernah memberikan dukungan kepada HEBAT, maka bisa mengisi dan menandatangi pernyataan tidak pernah mendukung.

    “Katong sudah menyampaikan ke dong, kalau memang tidak mendukung, ya ada pernyataan tidak mendukung, silahkan di tanda tangani,” cetusnya.

    Soal, apakah ada kemungkinan masyarakat akan melaporkan masalah itu ke pihak kepolisian, Sabi mengaku jika ada yang melapor, maka pastinya akan memberikan dampak hukum.

    “Rawannya disitu, saya paling ngerih lihatnya. Seng tahu, kalau ada masyarakat yang berani lapor, ya itu bisa bahaya itu. Di Buru itu banyak yang lapor, tapi katong disana ini (kecamatan-red) rentan kendali, jadi orang mau lapor itu butuh biaya dan orang kasih tinggal kabong, tinggal body pi mengail. Jadi, kita tunggu saja mungkin ada yang berani pi lapor kah,” pungkasnya. (KT-01)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Nama Anggota KPU Bursel Ikut Dicatut Dukung HEBAT Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top