• Headline News

    Sunday, January 7, 2018

    HEBAT Dapat 570 Dukungan SAH di Buru


    Namlea, Kompastimur.com 
    Paslon HEBAT hanya mendapatkan dukungan  Memenuhi Syarat (MS) di Kabupaten Buru sebanyak 570 dukungan, atau hanya 21,4 persen dari 2.856 dukungan yg tertera dalam dokumen.

    Dukungan 570 MS untuk paslon HEBAT itu diputuskan oleh KPU Kabupaten Buru dalam sidang pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual pada 10 PPK yang dimulai Sabtu sore (6/2) dan baru berakhir semalam.

    HEBAT dapat dukungan sah dari Kecamatan Namlea (115), Batabual (104), Liliyali (65), Kayeli (3), Waplau (98), Fenalisela (47), Lolongquba (27), Waelata (26), Waeapo (12) dan Airbuaya (82).

    Wartawan Media ini melaporkan, pada Kabupaten Buru, ada sebanyak 2.856 dukungan yang diperoleh oleh paslon HEBAT. Dukungan ini tersebar pada 10 kecamatan dan 60 desa.

    Namun saat dilakukan verifikasi faktual (verfak) oleh 60 PPS, ditemukan banyak yang tidak penuhi syarat administrasi. Banyak dukungan fiktif tanpa persetujuan pemilik identitas,mulai dari surat pernyataan hingga tanda tangan, ikut dipalsukan.

    Dari 60 desa yang diverfak, dukungan terbesar untuk HEBAT berasal dari pemilih di Desa Namlea, Kecamatan Namlea, yakni 1.113 dukungan.

    Namun saat terverfak, dukungan sah (MS) hanya 96 dan sisa 1.017 TMS.

    Total dukungan dari kabupaten Buru yang TMS sebanyak 2.286 dukungan, atau sebesar 79,6 persen.
    Sewaktu Ketua KPU Buru, Munir Soamole membuka sidang pleno pada Sabtu sore, sidang baru dihadiri delapan PPK, dan juga tiga Komisioner Panwaslu Buru, Fathi Haris Thalib, Saiful Kabau dan Ambran Sakula.

    Sidang pleno yang dilakukan terbuka untuk umum itu turut dipantau empat petugas dari Kantor KPU Maluku.

    Sedangkan HEBAT tidak mengirimkan timnya untuk melakukan pendampingan, baik saat verfak pada 60 desa, pleno pada 10 PPK, hingga pleno terakhir di KPU Buru.

    Munir Soamole mengaku sudah berkoordinasi dengan KPU Maluku. Bahkan mencari alamat tim paslon HEBAT di Namlea guna berkoordinasi. Tapi sampai sidang pleno, tim pendampingan dari paslon ini tidak pernah muncul.

    Sidang pleno sempat diskorsing selama 15 menit dan peserta tetap berada dalam ruangan guna memberikan kesempatan kepada tim HEBAT. Namun sampai skorsing dicabut, tim pendampingan tak ada.

    Pleno akhirnya berlanjut dengan membacakan hasil rekap verfak di tingkat PPK. Sidang dipimpin komisioner KPU, Fachrudin Ali Fahmi.

    Sampai menjelang sholat magrib, hasil dari delapan PPK telah rampung, kemudian dua sisanya berlanjut malam hari hingga selesai.

    Komisioner Bawaslu yang memantau sidang pleno itu, tidak berkebaratan atas hasil pleno. Sidang akhirnya ditutup oleh Munir Soamole tersebut.

    Sementara itu, komisioner panwaslu Buru, Ambran Sakula SH mengaku masih terus berkoordinasi dan meminta petunjuk ke Bawaslu Maluku terkait dengan temuan pelanggaran administrasi paslon HEBAT.


    Sampai selesai verfak, tak ada lagi warga yang datang melapor. "Petunjuk dari Bawaslu, bila ada yg melapor soal penyalahgunaan identitas,  agar diarahkan ke kepolisian terdekat,"kata Ambran. (KT-11)



    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: HEBAT Dapat 570 Dukungan SAH di Buru Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top