• Headline News

    Jumat, 12 Januari 2018

    12 Jam, SANTUN Jalani Tes Kesehatan


    Ambon, Kompastimur.com 
    Kurang lebih 12 jam lamanya waktu yang harus dijalani pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Maluku, Said Assagaff-Anderias Rentanubun (SANTUN) untuk pemeriksaan kesehatan sebagai pemenuhan persyaratan calon kepala daerah-wakil kepala daerah, yang berlangsung di RSUD dr Haulussy Ambon, Kamis (11/01).

    Dari pantauan media ini, Assagaff selesai terlebih dahulu sekira pukul 19.30 Wit, disusul Rentanubun 30 menit kemudian. Keduanya nampak sama sekali tak terlihat kelelahan dan masih dalam keadaan fresh, meski menjalani berbagai rangkaian tes hingga tuntas di jam 20.00 WIT. Sayangnya, proses tersebut dijaga ketat aparat kepolisian, tanpa bisa diliput media masa secara langsung. Media hanya mendapati keduanya di sela-sela dan di pintu keluar RS usai pemeriksaan.

    Sebelumnya, Assagaff yang datang lebih awal pukul 08.00 WIT melakukan tes pertama kali. Diketahui, item umum yang dites diantaranya jantung, paru-paru, saraf, USG, THT, gigi oleh IDI Maluku, narkoba oleh BNN provinsi Maluku dan psikotest serta wawancara. 90 menit kemudian baru Rentanubun datang dan melakukan hal sama dengan sang Cagub.

    Usai pemeriksaan, Assagaff kepada awak media mengungkapkan, proses tes kesehatan kali ini memang sangat lama karena berbeda dengan lima tahun yang lalu. Salah satunya ada tambahan-tambahan psikotest yang harus diikuti, bagaimana bisa menjadi seorang pemimpin yang baik.

    “Dasar-dasar itu sudah pernah di test ketika menjadi wakil gubernur, gubernur periode pertama dan kali ini. Kita nikmati prosesnya. Memang dari kemarin diperkirakan selesai sekitar jam 7 atau 8 malam, dan pas waktu. Saya yakin pasti hasilnya baik,” tandasnya.

    Sementara itu, Andre Rentanubun menambahkan, pemeriksaan kesehatan tidak saja meliputi fisik tapi juga mental (rohani). Serta tes kejiwaan, sedangkan tertulis terbagi pada tiga bagian salah satunya analisa gambar.

    “Rangkaian tes tidak terlalu sulit, karena menjawab sesuai kita punya pribadi. Karena hasil formulanya akan keluar sesuai apa yang kita jawab. Kita nikmati meski 12 jam tes, jangan dibawa susah nanti stress, supaya semua aman. Perbedaan memang ada dengan saat tes jadi bupati, 4 jam lebih digali isi otak kita tentang mengapa mau jadi kepala daerah. Hasil pemeriksaan saya yakin baik,” tukas bupati Maluku Tenggara dua periode ini.

    Pendamping tim dokter untuk tes calon kepala daerah-wakil kepala daerah, Yongki Mayaut menambahkan, tim dokter yang bertugas pada tes kali ini terdiri atas tiga (4) dokter psikologis dari Universitas Hasanudin (Unhas) Makasar dan sisanya dari dokter ahli yang tergabung dalam IDI Maluku. Diketuai oleh dr Ade Tuanakotta, ketua IDI Maluku.

    “Banyak tes yang dijalani. Fisik, dalam tubuh, psikotest sampai wawancara,” singkatnya tergesa-gesa sambil berlalu.


    Selain SANTUN, pemeriksaan kesehatan hari pertama juga dilakukan oleh calon bupati Maluku Tenggara Esebius Utha Safsafubun-Hamzah Rahayaan (UTAMA) dan calon walikota-wakil walikota Tual, Adhly Bandjar-Fadilah Rahawarin (ADIL). ADIL masih melanjutkan sesi terakhir pada hari kedua. (KT-IE)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: 12 Jam, SANTUN Jalani Tes Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top