• Headline News

    Thursday, December 14, 2017

    Walikota Minta Saniri Negeri Hatalai-Ema Maksimalkan ADD-DD


    Ambon, Kompastimur.com
    Walikota Ambon, Richard Louhenapessy meminta Saniri Negeri Hatalai dan Ema Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel) yang baru dikukuhkan untuk dapat menggunakan semaksimal mungkin Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) yang dikucurkan oleh pemerintah pusat melalui APBN dan pemerintah daerah lewat APBD.

    "Raja dan Saniri Negeri tidak boleh main-main dalam pengelolaan ADD dan DD. Harus dimanfaatkan semaksimal mungkin bagi kepentingan negeri dan masyarakat, dengan total gabungan keduanya Rp. 3 Miliar/desa sesuai aturan.  Misalnya, pembuatan jalan setapak, air bersih, pemberdayaan ekonomi masyarakat. Akan sangat berakibat fatal diproses hukum jika pengelolaannya melenceng," tukas Walikota usai mengukuhkan anggota Saniri Negeri Hatalai dan Negeri Ema Tahun 2017-2023 Kecamatan Leitisel, di Aula Kantor Walikota Ambon, Kamis (14/12).

    Dikatakan Walikota, pengukuhan atau peresmian anggota Saniri Negeri merupakan kewajiban normatif yang diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Ambon Nomor 8,9 dan 10. Sehingga, diharapkan adanya anggota saniri, maka kepemimpinan di desa bisa berjalan baik dan maksimal.

    Apalagi sesuai Perda, jumlahnya tak seperti biasanya yang besar dan kali ini semakin terbatas dan kecil menjadi hanya 9 orang. Sehingga diharapkan efektifitas kerja di desa/negeri semakin positif dan efektif.

    "Dengan pemetaan tugas Saniri dan Raja yang sudah terpisah, tak seperti dulu. Maka saya harap raja dan saniri harus bersinergi membuat program kerja sesuai arah dan visi walikota Ambon. Agar fungsi kerja pemerintah bisa berjalan baik. Program tahunan harus disusun dengan baik bagi kepentingan masyarakat, dalam semangat revolusi mental dan program nawacita serta pembangunan dari desa/daerah terpencil," tegas Walikota.

    Walikota juga menegaskan, agar Saniri dan Raja kedua negeri tersebut bisa mempersiapkan dan menjadikan Peraturan Negeri (Perneg) sebagai prioritas untuk dibuat segera. Karenanya, perlu dikonsultasikan dengan camat dan kabag pemerintahan. Sehingga ketika sudah disiapkan Perneg, tidak sulit dalam menentukan keberlanjutan kepemimpinan di negeri, seperti Negeri Soya yang mudah dan cepat karena sesuai mata rumah parentah. Apalagi, Raja Hatalai yang 30 Desember nanti akan akhiri tugas.

    "Mari tingkatkan kerjasama antara satu dengan yang lain. Penting pula saya kasih catatan, program-program Pemkot Ambon pada 2018 akan lebih menekankan pada program prioritas wajib. Salah satunya dengan membuka akses jalan dari Soya ke Hukurila. Sehingga pada 2018, akses untuk menjangkau pusat agrowisata/buah-buahan di daerah Leitimur Selatan dapat terwujud sebagaimana harapan bersama," tutur Walikota. (KT-IE)



    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Walikota Minta Saniri Negeri Hatalai-Ema Maksimalkan ADD-DD Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top