• Headline News

    Saturday, December 16, 2017

    Soal Lumbung Ternak: Pemuda Aru Kecam Pernyataan Mercy Barends

    Ambon, Kompastimur.com
    Salah satu anggota DPR RI asal Maluku Fraksi PDI-Perjuangan, Mercy Barends dikecam serius atas pernyataan yang disampaikan melalui beberapa media di Ambon, Provinsi Malukun belum lama ini.

    Pernyataan Barends terkait program Jokowi-JK melalui Menteri Pertanian (Mentan) RI Arman Sulaiman yang akan menjadikan Lumbung Ternak di Kabupaten Kepulauan Aru.

    Kata Barends program tersebut merupakan upaya terselubung yang dimainkan segelintir orang atas rekomendasi Mentan tersebut dan juga ditakutkan akan terjadi gejolak antara warga setempat lantas lahan yang digunakan untuk proyek dimaksud tidak mampan atau tidak layak.

    Dari pernyataan Barends, Pemerhati Sosial atau Tokoh Pemuda Aru, Collin Leppuy angkat bicara.

    Menurutnya, program Mentan itu mestinya selaku anak daerah Maluku mendukung penuh, karena Desa Kobjetur, Kecamatan Aru Selatan yang akan dijadikan Lumbung Ternak itu lokasinya berada di tengah Kecamatan. Otomatis lokasi tersebut bisa menjadi daerah sentral perekonomian antara warga setempat.

    "Desa Kobjetur itu kan ada di tengah-tengah Kecamatan itu. Makanya haruslah di dukung. Bukan kita abaikan, jika diabaikan dipastikan kedepan kehidupan masyarakat disana berada pada zona merah. Olehnya itu, saya berharap Ibu Mercy Barends kembali memikirkan hal ini. Ambillah kebijakan objektif demi kepetingan masyarakat banyak," cetus Tokoh Pemuda Aru, Collin Leppuy kepada  Wartawan di Ambon, Jumat (15/12) petang.

    Menurut Leppuy, sikap Mercy di beberapa media itu harus dipertimbangkan terlebih dahulu, apakah sesuai dengan kepentingan masyarakat Aru atau tidak.

    "Perlu ditegaskan selaku masyarakat Aru, kami inginkan penjelasan logis terhadap pernyataan yang disampaikan sang Legislator asal Maluku itu sehingga masyarakat bisa memahami apa alasan mendasar yang menyatakan ada kepentingan terselubung dan hal tersebut jangan sampai digiring ke ranah politik praktis, riskan namanya," katanya.

    Ditambahkannya, proyek yang diadakan pemerintah ini sudah ditinjau langsung masyarakat bahwa tidak ada unsur merugikan atau dampak yang negatif di kemudian hari.

    "Bukan hanya masyarakat yang menilai, tapi pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Kepulauan Aru juga menegaskan jika program lumbung ternak tersebut sangat memberikan dampak yang baik terhadap masyarakat. Tapi kemudian jika tidak maka dirinya yang menjadi taruhan nyawa jika berdampak buruk. Makanya, harus dipegang janji itu mengingat dana APBD Kepulauan Aru sangat minim. Untuk itu harus diberikan apresiasi terkait program pemerintah itu, jika diabaikan maka masyarakat Aru tetap terisolir hingga tahun-tahun ke depan," kuncinya.

    Sama halnya juga disampaikan Lembaga Kalesang Lingkungan Maluku.
    Lembaga yang berperan melihat kepentingan masyarakat Maluku itu menegaskan. Selaku anak daerah Maluku haruslah bangga dengan daerah Maluku yang kaya hasil alam dan juga haruslah mendukung program pemerintah yang menjadikan Aru sebagai daerah Lumbung Ternak Sapi.

    Menurutnya selaku anggota DPR RI haruslah mendukung program pemerintah Jokowi-JK. Apalagi Mercy Barends itu anggota DPR asal Maluku, maka prinsipnya harus medukung bukan kembali menolak program tersebut.

    "Kami kesal dengan tindakan yang diambil oleh Barends di media. Pasalnya, dirinya tidak lagi mempertimbangkan asas kebersamaan selaku orang Maluku. Untuk itu, kami berharap Barends jelih demi melihat kepentingan orang banyak. Keputusan yang diambil itu agar objektif dan kepada masyarakat agar dapat mendukung program dimaksud terkhusus masyarakat Kepulauan Aru," ungkap Ketua Lembaga Kalesang Lingkungan Maluku Costansius Kalatfeka.

    Kalatfeka menambahkan selaku pemuda intelektual Maluku, akan selalu mengawal program-program pemerintah yang pro terhadap rakyat banyak dalam hal ini program lumbung ternak tersebut sehingga dapat membawa dampak signifikan kepada masyarakat Aru.

    "Saya berhadap Ibu Mercy Barends kembali mempertimbangkan kembali pernyataan yang beredar di media kembali agar program Menteri terkait Lumbung Ternak di Aru itu dapat didukung sehingga kedepan membawakan dampak positif kepada masyarakat setempat," pungkasnya.(KT-DS)



    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Soal Lumbung Ternak: Pemuda Aru Kecam Pernyataan Mercy Barends Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top