• Headline News


    Friday, December 1, 2017

    Sekretaris Komis C DPRD SBT Geram Soal Mutasi Guru


    Bula, Kompastimur.com
    Sekretaris Komisi C DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Ahmat Voth geram menjelang penutupan Rapat Dengar Pendapat bersama Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten SBT serta BKD Kabupaten SBT yang digelar, Kamis(30/11) di ruang Rapat Komisi C.

    Rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi C DPRD SBT, Arobi Kelian itu dilakukan untuk membahas pesoalan mutasi Guru yang berakibat pada kekurangan tenaga Guru di sejumlah sekolah di daerah itu.

    Voth geram akibat dari kedua instansi yang bersentuhan langsung dengan mutasi tersebut tidak bisa memberikan alasan mendasar terkait dengan rotasi dan mutasi Guru dalam lingkup Pemkab SBT yang berakibat pada kekurangan dan penumpukan Guru di sekolah tertentu.

    "Berjalan dari awal saya tidak temukan keberanian dari dua pimpinan instansi ini. Harus memberikan alasan-alasan rotasi dan mutasi. Siapa yang paling berani mengatakan atas dasar apa dilakukan rotasi dan mutasi. BKD saat mengetik SK mutasi atas dasar pertimbangn siapa??," tanya Voth dengan nada tegas.

    Lebih lanjut, legIslator asal Partai Gerindra dari daerah pemilihan (Dapil) I (Kecamatan Bula, Werinama, Teluk Waru, Bula Barat dan Siwalalat) ini secara tegas meminta Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten SBT, Achmad Rumaratu untuk menunjukkan keberanian alias tajinya dalam menyelesaikan persoalan ini, karena data penyebaran Guru pada Dinas Pendidikan telah merata dan tepat, namun realitas di lapangan menunjukan lain.

    "Kepala Dinas Pendidikan harus menujukan tajinya. Ada Sekolah yang merengek penambahan guru malah guru-guru yang ada di sekolah tersebut dimutasi," sesal Voth.

    Lebih lanjut, Voth menjelaskan, dari dua instansi yang hadir ini diharapkan dapat memberikan penjelasan secara teknis terkait dengan rotasi dan mutasi yang berakibat pada terjadinya kekurangan dan penumpukan tenaga Guru yang tersebar di 52 SMP dan 123 SD.

    Selain dari mutasi dan rotasi, diskriminasi juga terjadi dan dialami oleh para Guru di SD Neger 4 Bula. Sebab, sesuai data yang di dapat, para tenaga Guru di SD Negeri 4 Bula tidak mendapatkan hak-haknya sebagai tenaga Guru.

    Tak hanyan itu, dirinya menilai, masalah rotasi dan mutasi yang saat ini dilakukan tanpa pertimbangan pemerataan dan asas keadilan sehingga proses rotasi dan mutasi yang dilakukan tersebut bagian dari suka atau tidak suka. Jadi, tidak lagi memikirkan dampak negatifnya.

    "Tidak ada yang bisa memberikan penjelasan secara teknis disini selain itu, Saya punya data terkait dengan guru-guru yang tidak mendapat hak-haknya, seperti yang terjadi di SD Negeri 4 Bula. Bahkan, seperti ada diskriminasi di sekolah itu. Saya khawatirkan bahwa jangan sampai mutasi dan rotasi ini adalah bagian dari antara suka dan tidak suka saja," pungkasnya. (KT-FS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sekretaris Komis C DPRD SBT Geram Soal Mutasi Guru Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top