• Headline News

    Friday, December 22, 2017

    Sejak Indonesia Merdeka, 4 Kampung ini Baru Merasakan Penerangan Listrik



    Pegaf-Kompastimur.com
    Empat Kampung di Kabupaten Pegunungan Arfak Papua Barat akhirnya menikmati penerangan listrik selama kurun waktu sejak kemerdekaan Republik Indonesia. Empat kampung tersebut yakni Testega,  Kampung Bamaha,  Kampung Mbondidip dan kampung Kostera.

    Kabupaten Pegunungan Arfak merupakan Daerah Pemekaran baru bekas Distrik Kabupaten Manokwari,  letaknya di ketinggian puncak Arfak. Letak geografis Daerah ini terbilang cukup sulit di akses dengan jalur darat.  Warganya hampir sebagian besar sejak masih berstatus Diatrik belum menikmati penerangan Listrik. 

    Dominggus Ahoren Kepala Kampung Kostera Distrik Sururei Kabupaten Pegunungan Arfak mengatakan sejak dulu mereka mendiami Kampung tersebut belum menikmati penerangan Listrik, padahal di Daerah lakn sudah mendapat penerangan itu pun hanya mereka dengar informasi. 

    " Kami sejak dulu (Kemerdekaan red) belum pernah atau belum melihat Lampu Listrik, padahal kami dengar Daerah lain sudah dapat lampu,  ini jelas kami kecewa kenapa Pemerintah tidak perhatikan kami di Daerah Pelosok " Tutur Kepala Kampung Kostera Distrik Sururey Kabupaten Pegaf Dominggus Ahoren

    Dikatakan berkah penerangan itu akhirnya hadir juga di Kampung Kostera setelah Pemerintah Pusat dan Daerah bekerja sama terutama kenyataan  program Presiden Joko Widodo di Tahun 2017 melalui PT. PLN Manokwari telah memasan Listrik di empat Kampung yang ada di Pegaf. 

    " Sejak kepemimpinan Presiden Jokowi ini sudah tiga tahun berturut-turut kami mendapat bantuan baik berupa Dana maupun melalui program Listrik masuk Kampung, ini merupakan hadiah Natal bagi kami warga kampung kostera " Ujar Dominggus. 

    Meskipun dia tidak mengetahui pasti kapan di mulai pemasangan instalasi Listrik di Kampung Kostera tetapi Dominggus memastikan sejak bulan 10 Tahun 2017 lalu pihak PLN melakukan pendataan Kepala Keluarga (KK) dan memulai pemasangan instalasi Listrik.

    Presiden Jokowi Rabu (20/12) lalu saat melaounching Program Papua Terang dengan meresmikan PLTMG 20 mw mengatakan seandainya kalau tidak ada listrik orang mau membangun di Kabupaten/Kota di Papua dan Papua Barat ini bakal berfikir seribu kali. 

    "Listrik jadi kunci bagi investasi yang ada di Tanah Papua. Dulu banyak yang bilang ke saya kalau membangun Papua itu medanya berat, mahal bahkan untuk membabgun satu Desa butuh anggaran 2 Milyar beda dengan Desa di wilayah lain hanya 1 Milyar " Kata Jokowi saat di Nabire yang di saksikan warga Pegaf melalui video confrence. 

    Lanjut kata Jokowi,  persoalan membangun itu bukan tentang mahal atau tidak mahal,  tetapi ini menyangkut keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia, kalau jawabanya mahal pasti saya marahi. 

    Sementara Bupati Pegunungan Arfak Yosias Saroi mengatakan Pegunungan Arfak memiliki 10 Distrik dan terdapat 165 Kampung atau Desa. Untuk memajukan satu Daerah dilihat dari pembangunan jaringan telkomonikasi dan jaringan Listrik, hingga saat ini masih terus di lakukan pemasangan jaringan instalasi listrik dan jaringan telkomonikasi. 

    " Kami berharap agar jaringan listrik maupun telkomunikasi dapat tersalur ke wilayah  Distrik dan Kampung di Kabuoaten Pegaf " Kata Bupati Yosias Saroi yang juga Mantan Ketua DPRD Manokwari. 

    Dikatakan pembangunan listrik oleh PT. PLN merupakan program strategis pemerintah pusat untuk menerangi wilayah kampung termasuk di wilayah papua barat.  

    " Kita harus mengapresiasi Presiden Jokowi dan Kabinet Kerjanya yang berupaya membangun jaringan listrik ke daerah terpencil.  Ini merupakan Kado Natal bagi kami empat kampung di Pegaf " Kata Yosias Saroi. 

    Yosias mengaku di Tahun 2016 lalu PT. PLN melalui program papua terang telah melounching Listrik perdana di Anggi ibukota Kabupaten Pegaf. Selanjutnya terus di lakukan pemasangan jaringan listrik di Distrik lainya. 

    Asisten Manager Perencanaan PT. PLN Cabang Manokwari Sugiri mengatakan 95 Rumah Tangga Sederhana di lakukan pemasangan jaringan instalasi Listrik. Jaringan tersebut menggunakan Listrik Prabayar. 

    " melalui dinas ESDM Papua barat telah meluncurkan bantuan RTS sebanyak 95 Paket kepada empat kampung di pegaf dan 450 Paket untuk tiga Kabupaten di Wilayah Papua Barat dan telah di pasang instalasi listrik " Kata Sugiri. 


    Lounching Papua Terang di Kabupaten Pegaf di pusatkan di Kampung Pamaha di saksikan warga melalui video confrence dari Kabupaten Nabire, antusias warga nampak ketika menyaksikan Presiden menyampaikan sambutan. (KT-ARA) 



    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sejak Indonesia Merdeka, 4 Kampung ini Baru Merasakan Penerangan Listrik Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top