• Headline News

    Senin, 25 Desember 2017

    Safari Natal Pemkab Tana Toraja Digelar Di Objek Wisata Pabaladoan Masanda


    Tana Toraja, Kompastiur.com
    Pemerintah Kabupaten Tana Toraja menggelar Safari Natal bersama Masyarakat Kecamatan Bittuang dan Kecamatan Masanda yang dipusatkan di Objek Wisata Pabaladoan, Lembang Sese Salu, Kecamatan Masanda, Selasa (12/12).

    Safari Natal Pemkab Tana Toraja untuk Kecamatan Bittuang dan Kecamatan Masanda, dihadiri langsung oleh Bupati Tana Toraja, Ketua DPRD Tana Toraja, Kapolres Tana Toraja, Para Kepala OPD, Pemerintah Kecamatan, Lembang dan Kelurahan, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Masyarakat Bittuang dan Masanda. Dalam Natal tersebut hadir pula Kadis Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Mamasa Drs.Daud Tandiarruan, Kepala Desa Salu Kona, Kecamatan Tabang Nelce Arruan Layuk. serta sebagian masyarakat dari Kecamatan Tabang, Mamasa, Sulawesi Barat, hadir memeriahkan acara Natal dengan menampilkan Musik Bambu Khas Mamasa.

    Ibadah Natal Oikumene dipimpin oleh Ketua BPS Gereja Toraja Wilayah III Makale Pdt.Dr.Sulaiman Manguling, dalam khotbahnya menekankan tentang pentingnya para Pendosa menanamkan rasa cinta kasih kepada sesama manusia sebagai mana sorotan tema tahunan yang dikeluarkan oleh PGI Tahun 2017, “Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah Dalam Hatimu“.

    Jika kita selaku manusia Pendosa sudah mampu menghadirkan suatu cinta damai diantara kita semua, maka seluruh tingkah laku dari setiap kehidupan kita menjadi baik.

    “Jika ada pendosa yang tidak baik hubungannya dengan sesamanya sebaiknya berdamailah. Karena kedamaian yang dapat diwujudkan dalam bentuk perlakuan atau tingkah laku dalam tatanan kehidupan masyarakat Toraja, kita diharapkan dapat berdamai dengan semua makhluk termasuk berdamai dengan alam dan lingkungan dimanapun kita berada” ungkap lelaki tampan yang menyandang gelar Doktor Theologia di luar negeri itu.

    Drs.Syukur Rantelino Tokoh Muslim Toraja, yang juga hadir dalam perayaan Natal Oikumene bersama masyarakat Kecamatan Bittuang dan Kecamatan Masanda menyampaikan kesan dan pesan bahwa “Natal dalam agama Islam sama dengan Maulid yaitu kelahiran. Tujuan Yesus lahir adalah membawa pesan kedamaian” kata Syukur.

    Drs.Daud Tandiarruan, salah satu Tokoh Masyarakat Masanda dan Tabang, Mamasa, juga beliau adalah Kadis Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Mamasa Sulbar, menyampaikan pesan dan kesan Natal mewakili masyarakat Bituang, Masanda dan Tabang, Daud menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Tana Toraja atas dipilihnya Objek Wisata Pabaladoan sebagai tempat dilaksanakannya Natal Oikumene pemerintah bersama masyarakat Bittuang dan Masanda.

    “Jadikanlah perayaan Natal Oikumene ini sebagai suatu momen untuk membangunan persatuan dan kesatuan serta perdamaian. Mari kita jaga nama baik keluarga dan jaga tempat ini. Kita dukung dan percayakanlah kepada pihak Pemda Tana Toraja untuk mengembangakan tempat ini menjadi Objek Wisata. Walaupun awalnya tanah ini hanya merupakan tempat melaksanakan Ritual Adat dan Budaya Rambu Solo untuk tingkat sapu randanan” kata Mantan Kadis Perhubungan Kabupaten Mamasa itu.

    Tempat ini adalah merupakan suatu ciptaan Tuhan yang sangat indah dan dapat menawarkan kenyamanan bagi setiap pengunjungnya karena di tempat ini kita dapat menikmati alam ciptaan Tuhan yang masih asri disekelilingnya.

    “Percayala dimana ada kasih dan kedamaian kesanalah Tuhan mencurahkan berkatNya, hanya dengan persatuan dan kesatuan kita untuk mengemban berbagai tugas kita menjadi kuat, oleh karena itu marilah kita dukung setiap Program Pemerintah mulai dari tingkat Desa hingga ke tingkat Pusat, jangan kita hanya diam tetapi pedulilah terhadap apa yang dilakukan dan dikerjakan oleh Pemerintah ” kata mantan Ketua GMKI Kom. UVRI Makassar itu.


    Ketua DPRD Tana Toraja Welem Sambolangi, yang juga tokoh masyarakat Bittuang dan Masanda itu mengaku “Sangat terkesan dengan Safari Natal Oikumene bersama Masyarakat yang dipusatkan di Objek Wisata Pabaladoan, karen dihadiri langsung oleh Bupati Tana Toraja, Kapolres Tana Toraja, para Kepala OPD, Pemerintah Kecamatan, Lembang dan Kelurahan, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat baik dari Bittuang dan Masanda maupun yang berasal dari Tabang Kabupaten Mamasa, olehnya itu saya mewakili masyarakat Masanda selaku tuan rumah menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemkab Tana Toraja atas diselenggarakannya Natal di tempat ini” kata Welem, mantan Kepala Desa Belau, Masanda itu.

    Bupati Tana Toraja, Nico Biringkanae dalam sambutannya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk saling mengakui, saling mendukung, saling bahu membahu dan bersatu mendorong Pabaladoan dari segi filosopi, artikulasi, hukum, dan operasional untuk meningkatkan nilai jual Objek Wisata Pa’baladoan agar lebih bergetar dan lebih banyak dikunjungi wisatawan.

    “Insha Allah Pemerintah Kabupaten Tana Toraja melalui Dinas Pariwisata kita akan catat dan kita dorong Pa’baladoan pada tahun 2018 sebagai salah satu Objek Wisata baru di kawasan wilayah Barat Tana Toraja ” ungkap Nico.

    (KT-MZT)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Safari Natal Pemkab Tana Toraja Digelar Di Objek Wisata Pabaladoan Masanda Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top