• Headline News

    Tuesday, December 26, 2017

    Pemuda Waesama Minta Pemda Bursel Serius Melihat Kekurangan Guru di Waesama

    ( Rasyidin Rumakat ) 

    Namrole, Kompastimur.com 
    Minimnya Tenaga pengajar sepertinya menjadi masalah klasik di Buru Selatan. Hal ini seharusnya disikapi dengan serius oleh Pemda Buru Selatan (Bursel) dalam hal ini Dinas Pendidikan Kebudayaan Buru Selatan terkhusus untuk Kecamatan Waesama.

    Rasyidin Rumakat, Pemuda Waesama yang juga Ketua Front Pelajar Mahasiswa Desa Waeteba (FPMW) kepada kompastimur.com di Namrole, Minggu (24/12) mendesak Pemerintah daerah Kabupaten Bursel  menyikapi dengan serius kekurangan guru di daerah-daerah pesisir di Kabupaten Bursel terlebih khususnya di dataran Kecamatan Waesama.

    Adapun guru yang dibutuhkan khusunya guru sekolah dasar SD dan SMP. Dimana daerah yang membutuhkan pengajar SD dan SMP ini di antaranya di Kecamatan Waesama dari Wamsisi sampai Waetawa

    “Banyak keluhan masyarakat dari wilayah pedesaan terpencil masih banyak sekolah dasar dan SMP yang kekurangan guru, padahal di sekolah-sekolah yang dekat dengan Ibukota kabupaten atau wilayah perkotaan gurunya berlebih,” ungkap Rumakat.

    Olehnya itu, dirinya berharap Pemda  bisa menyikapi kekurangan guru dengan melakukan pemerataan penempatan guru baik dari guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun honorer. 

    Selain itu juga,  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bursel diminta untuk melihat  kebutuhan tenaga guru dan penjaga sekolah untuk sekolah dasar dan SMP di daerah terpencil. 

    Rumakat juga menambahkan, selain penempatan tenaga pengajar, Pemda juga harus memperhatikan kesejahteraan Pegawai Honorer.

    “Sangat miris kondisi yang saya lihat di salah satu Sekolah yaitu SMP Waeteba, dimana tenaga honorer hanya digaji rp 150.000, per bulan padahal mereka ini (pegawai honorer) dan sangat loyal menjalankan tugas,” paparnya.

    Ia berharap Pemda Bursel di bawah pimpinan Bupati Tagop Sudarsono Soulissa dan Wakil Bupati Buce Ayub Seleky tidak menutup mata terkait masalah ini, karena salah satu faktor penunjang berkembanganya suatu daerah adalah pendidikan.


    “Saya tegaskan Pemda harus serius melihat masalah ini, bagaimana daerah kita mau maju? pendidikan kita saja memiliki potret seperti ini,” Tegasnya. (KT-MT)



    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemuda Waesama Minta Pemda Bursel Serius Melihat Kekurangan Guru di Waesama Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top