• Headline News

    Saturday, December 16, 2017

    Pangan dan SDM Bagai Sisi Mata Uang Tak Bisa Dipisahkan


    Namrole, Kompastimur.com
    Wakil Bupati (Wabup) Buru Selatan (Bursel) Buce Ayub Seleky mengatakan, pangan dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) diibaratkan dua sisi mata uang yang tak bisa terpisahkan.

    Hal itu disampaikan Seleky dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Bursel di Kantor Desa Labuang, Kecamatan Namrole, Kabupaten setempat, Jumat (15/12).

    Dikatakan, pemenuhan pangan yang cukup secara kuantitas dan kualitas menjadi salah satu aspek mendasar dalam pembangunan SDM yang berkualitas dan berdaya saing.

    Hal ini harus terus menerus dipersiapkan dengan baik guna menghadapi persaingan global yang semakin ketat saat ini.

    Oleh karena itu, seperti yang kita ketahui bersama pemenuhan pangan dan gizi selalu menjadi prioritas pembangunan nasional.

    Sejalan dengan hal itu, Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan mengamanatkan bahwa pemenuhan pangan sebagai kebutuhan dasar manusia menjadi tanggung jawab negara yang diselenggarakan berdasarkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan dan ketahanan pangan.

    Dengan demikian ditekankan bahwa, pemenuhan hak atas pangan diutamakan berasal dari produk dalam daerah sehingga kita mampu menjadi daerah yang mandiri dan berdaulat.

    "Saat ini kita dihadapkan pada permasalahan dan tantangan yang besar dalam pembangunan pangan dan gizi," ujar Seleky.

    Lanjutnya, kapasitas SDA yang semakin terbatas, adanya kompetisi pemanfaatan komoditas pangan sebagai sumber pangan, pakan dan energi serta perubahan iklim global yang berdampak besar terhadap produksi komuditas pangan menjadi tantangan nyata.

    "Tinggihnya pertumbuhan penduduk yang saat ini masih mencapai 1,4 % per tahun dan adanya fenomena peningkatan proporsi penduduk kelas menengah semakin mendorong permintaan pangan yang berkualitas," jelasnya.

    Masih Seleky, selain sisi ketersediaan dan permingaan tersebut, sisi distribusi pangan juga mengambil peran penting dalam penentuan akses pangan masyarakat.

    Dikatakan, Rapat Dewan Ketahanan Pangan 2017 merupakan forum komunikasi lintas sektoral dalam pelaksanaan program penunjang ketahanan pangan dan gizi.

    "Harapan saya, mari kita manfaatkan forum ini untuk memperkuat kerja sama antar SKPD dan menetapkan langkah strategis," harap Seleky.(KT-N1)



    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pangan dan SDM Bagai Sisi Mata Uang Tak Bisa Dipisahkan Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top